Pesona Wisata Terih Nongsa Opening 5 November 2017

12.43

Pesona Wisata Terih Nongsa Opening 5 November 2017



Sebuah kampung tua yang berada di daerah Nongsa, Batam, Kepri. Luasnya sekitar 12 hektar dan terletak berhadapan langsung dengan Batam Centre, hanya dibatasi oleh sebuah alur laut dangkal. Pemandangan yang spektakuler langsung menyambut pengunjung saat melewati gerbang kampung Terih yang ada di atas bukit. Inilah Pesona wisata Terih Nongsa, yang akan opening 5 November 2017.

Dari gerbang di atas bukit ini view Batam Centre dan lautan sangat jelas terbentang di kaki awan. Dengan pantainya yang menghadap ke arah Barat, view sunset di Kampung Terih ini setiap harinya sangat mempesona.

Nongsa Batam
Gardu menuju Wisata Terih Nongsa

Melihat potensi yang dimiliki oleh kampung Terih ini, beberapa anak muda yg tergabung dalam Komunitas PARI berusaha menjadikan kampung Terih ini Desa Wisata baru yang keceh. Pesona Wisata Terih Nongsa.

Komunitas PARI sendiri adalah PENJELAJAH ALAM KEPRI yang konsen mengangkat wisata dan sejarah kampung tua di Batam. Komunitas PARI juga menjadi bagian dari anggota GENPI KEPRI dan GENPI BATAM.

Batam

Artinya, desa wisata kampung Terih adalah desa wisata pertama yang dibentuk & diciptakan serta dikembangkan oleh anggota GENPI di Indonesia. Jadi, bukan hanya sekedar mengangkat & memviralkan destinasi wisata saja, GENPI BATAM juga ikut menciptakan & membentuk destinasi Pesona Wisata Terih Nongsa.

Saat yang lain mungkin hanya berkarya lewat dunia maya untuk pariwisata, GENPI BATAM juga berkarya di dunia nyata untuk pariwisata Indonesia. Wisata yang dikembangkan di kampung Terih ini adalah ecowisata yang meliputi wisata pantai, mangrove, budaya & sejarah.

Pesona wisata Terih Nongsa ini opening 5 November 2017. Untuk itu, persiapannya digesa dengan secepatnya agar dapat memenuhi target pembukaan lokasi wisata kampung Terih sesuai dengan rencana.

Nongsa Batam
Pantai Terih

Nongsa Batam

Nongsa Batam

Diantara objek wisata yang menjadi andalan di Kampung Terih ini nantinya adalah pelantar kayu utama yang menjorok ke tengah laut sekitar 75 m panjangnya. Di pelantar ini sunset akan dapat dinikmati dengan indahnya pada senja hàri. Pesona Wisata Terih Nongsa.

Di lokasi bakau juga telah disiapkan pelantar yang mengitari bakau area sekitar 100 m panjangnya. Sementara untuk pejalan kaki yang ingin berjalan di atas pasir juga tersedia pasir pantai putih di sebelah rimbunnya bakau.

Nongsa Batam

Rumah pohon bertingkat tiga setinggi 17 m juga telah disiapkan untuk menjadi salah satu titik selfie yang menantang adrenalin. Jangan Khawatir apa bila kamu naik ke atasnya, karena sudah di rancang sangat safety. Pondok-pondok di dalam pantai bakau dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati sejuknya hutan bakau.

Area pantai bakau ini juga digunakan sebagai lokasi camping ground & dapat menampung 20-30 tenda. Pondok-pondok mungil di sepanjang pantai utama menambah keindahan pantai Kampung Terih sambil menikmati view nelayan bekerja.
Nongsa Batam

Nongsa Batam

Tak jarang para fotographer menjadikan kampung Terih salah satu the best sunset hunting point di Kota Batam. Dari sisi sejarah, Kampung Terih pada masa Perang Dunia ke II pernah menjadi basis bagi tentara Jepang. Pesona Wisata Terih Nongsa.

Tentara jepang mendirikan gudang-gudang senjata mereka di sepanjang pesisir pantai kampung Terih ini. Hingga saat ini, jejak peninggalan tentara Jepang masih dapat dijumpai di kampung Terih, berupa tapak2 bangunan gudang.

Yang lebih menarik di kampung Terih adalah terdapat lokasi penyelamatan satwa penyu. Penyu-penyu yang tertangkap di jaring atau kerambah ikan nelayan akan dilokalisir di tempat khusus di pantai Kampung Terih sebelum dilepaskan kembali nantinya ke laut.

Nongsa Batam


Jenis penyu yang sering tertangkap adalah penyu hijau dan penyu sisik yang merupakan jenis satwa yang dilindungi. Untuk perlindungan satwa ini, komunitas PARI Batam dan Pokdarwis Kampung Terih telah mengikat kerjasama dengan BKSDA Batam.

Kedepannya bukan hanya penyu saja yang akan diselamatkan ke lokasi ini, namun juga spesies elang laut yang juga dilindungi.
Pembangunan kandang untuk elang laut ini sedang dalam pengerjaan dan menjadi prioritas di kampung Terih. Jadilah Kampung Terih sebagai Pusat Penyelamatan Satwa penyu & elang laut satu-satunya di Batam.

Artinya, hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik khusus untuk wisatawan guna mengunjungi destinasi wisata Kampung Terih ini. Selain itu, salah satu agenda tahunan yang terkenal di kampung Terih adalah acara Mandi Shafar. Event mandi shafar ini diketahui sudah dilaksanakan selama 7 generasi di kampung Terih. Pesina Wisata Terih Nongsa.

Mandi shafar di kampung Terih diadakan pada hari Rabu minggu terakhir di Bulan Shafar. Untuk tahun 2017 ini event mandi shafar akan jatuh pada tgl 15 Nov 2017 nanti. Acara mandi shafar ini biasanya akan dihadiri oleh warga Nongsa dan BatuBesar.

Tahun 2016 yang lalu, pengunjung mandi shafar mencapai jumlah lebih dari 1000 orang. Diperkirakan tahun 2017 ini event mandi shafar di kampung Terih akan dihadiri oleh hampir 2000 orang pengunjung. Mandi shafar dahulunya dimaksudkan untuk menolak bala & mara bahaya. Dikemudian hari event mandi shafar menjadi suatu acara syukur kepada Tuhan YME atas rezeki yang didapat nelayan dari lautan.

Acara biasanya dimulai dengan membuat bedak LANGI, bedak khusus untuk mandi shafar di kampung Terih ini. Bedak LANGI terdiri dari beras yang dihancurkan dicampur daun jeruk, lengkuas dan cendana. Bedak LANGI tersebut kemudian didoakan oleh pemuka agama di Kampung Terih.

Pengunjung yang datang ke kampung Terih lalu menyapukan sedikit bedak Langi ke tubuhnya. Kemudian pemuka adat akan memberikan wejengan dan memperkenalkan kepada anak cucu dan pengunjung tentang daerah lautan. Pengenalan tersebut biasanya menjelaskan yang mana tanjung, pantai, teluk, dll

Saat air laut surut, mandi shafar secara bersama2 akan dimulai. Setelah mandi, masyarakat akan menggelar doa bersama dan kemudian makan bersama. Sebagai destinasi wisata baru di Batam, desa wisata Kampung Terih akan dibuka pada hari minggu tanggal 5 November 2017. Pesona Wisata Terih Nongsa.

Acara pembukaan desa wisata Kampung Terih sendiri akan dimulai pada tanggal 4 November 2017 nanti. Pada Sabtu 4 November 2017 tersebut akan dimulai dengan camping bersama antar komunitas yang ada di Batam di lokasi Kampung Terih. Komunitas-komunitas yang hadir adalah penggiat alam, seni budaya, GENPI, Blogger, Instagramer, pencinta alam, masyarakat umum & warga Kampung Terih.

Acara dengan tema “Ngopi Bareng Komunitas” ini akan berisi diskusi budaya & seni serta pagelaran seni puisi, dan joget melayu bersama warga. Lokasi pagelaran seni ini akan dipusatkan di depan sanggar pada pinggir pantai utama Kampung Terih. Di lokasi acara nantinya juga akan dihiasi dengan obor dan dan bermacam-macam lampion yang cantik menarik hati.

Nongsa Batam
Lompion malam hari

Nongsa Batam

Dari segi acara temu komunitas di Batam, malam menyambut opening Kampung Terih ini merupakan acara temu komunitas terbesar sekota Batam di Tahun 2017 ini. Jadi tunggu apalagi guys? Siapkan waktumu untiuk datang di tanggal 4 dan 5 November 2017 nanti ke Kampung Terih. Pesona Wisata Terih Nongsa.

You Might Also Like

1 komentar