Cerita Idul Fitri Di Batam

7:37 PM

Cerita Idul Fitri Di Batam


1 syawal adalah hari yang di nanti setelah berpuasa sebulan, sebagai hari kemenangan, baiknya disambut dengan gembira dan bertaqbir. Di Asia budaya Idul Fitri dirayakan dengan hidangan istimewa di rumah, bermaaf-maafan dengan tetangga, teman dan sanak keluarga. Ketupat dan opor serta sambal hati menjadi menu yang wajib di meja makan. Ada cerita lain Idul Fitri di Kota Batam !!! Apakah itu.....

Batam adalah Pulau yang berkembang sebagai Industri Elektronik. Selain sangat dekat dengan negara tetangga Singapore, juga dekat dengan negara tetangga Johor Bahru Malaysia. Cerita lainnya adalah sebagian besar penduduk Pulau Batam adalah perantau.

Hidangan yang beragam

Apa bila bicara hidangan saat Idul Fitri di Batam, hidangan akan sangat beragam. Karena notabennya di Batam adalah peratau, maka hidangan ketika Idul Fitri berasal dari kampung halaman masing-masing. Ketika berkunjung kerumah orang yang berasal dari Kalimantan, maka bisa di pastikan hidangannya berasal dari Kalimantan Timur, tengah Atau barat. Lalu bagaimana dengan orang Palembang ? Ya tentu akan menemukan hidangan seperti pempek, tekwan dan lain sebagainya. Jadi beragam hidangan yang di temukan, tergantung berasal dari mana tuan rumahnya.

Minuman kaleng

Jadi Idul Fitri di Batam yang bisa ditemukan saat berkunjung keliling rumah adalah Minuman Kaleng, sprite, coca cola atau minuman kemasan lainnya. Bahkan minuman kaleng ini wajib di bagikan sebagai hadiah. Di super market, apa bila menjelang Idul Fitri akan menumpuk berKes-kes minuman kaleng beraneka rasa dan pilihan.

Untuk harga di tahun 2017 ini, perKes isi 24 kaleng harga berkisar rp 69.000. Bukan harga yang murah memang tapi jika hari raya tiba, baik Idul Fitri, Natal atau imlek bisa di pastikan minuman kaleng ini akan ada di meja sebagai sajian untuk minuman di setiap rumah.

Minuman kaleng itu berasal dari negara tetangga yaitu Johor Bahru Malaysia. Harganya lebih murah di bandingkan kota-kota lain di Indonesia. Jarak yang dekat antara Batam - Johor Bahru Malaysia atau karena di Batam sendiri adalah lokasi bebas bea cukai. Sehingga harga minuman kaleng di super market beragam, antara rp 3000- rp 4000 per kaleng tergantung merek. Ada juga yang lebih murah dari harga itu berkisar antara rp 2000-3000 per kaleng.

Anak-anak Nambang

Istilah Nambang ini adalah, anak-anak berkeliling dari rumah ke rumah untuk mendapatkan THR. Terkadang tuan rumah kesal atas kehadiran anak-anak yang entah berasal dari mana yang datang beramai-ramai. Sudah menjadi tradisi sang tuan rumah harus menyediakan uang untuk di bagi-bagi kepada anak-anak yang datang, walau itu hanya rp 2000 di berikan untuk setiap anak yang bersalaman. Terkadang apa bila di tanya tempat tinggal, maka itu berasal dari jarak yang lumayan jauh. Mereka memang berburu uang THR, yang akan mereka kumpulkan dan bisa saja yang memiliki anak akan melakukan hal demikian.

inilah sedikit cerita Idul Fitri Atau Lebaran di Batam, bagaimana di kota mu....




You Might Also Like

11 komentar

  1. Wah, seru juga ya kl tiap rumah hidangannya beda :) Salam kenal ya, makasi udh ikutan, gudlak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. wah seru dong ya kalau para tetangga dan teman hidangan idul fitrinya berbeda.
    nice sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, tahun depan idul fitri di batam yuuk

      Delete
  3. Goodluck untuk GA nya ya..
    Salam kenal mba

    ReplyDelete
  4. Lucu bgt istilahnya, nambang. Dpt byk pasti ya keliling cr angpao

    ReplyDelete
  5. Wah..... Kalau di Batam harus siap punya uang recehan banyak neh buat dibagi ke anak anak

    ReplyDelete