Proses Cepat buat Pasport Di Pulau Belakang Padang

8:50 AM

Proses Cepat buat Pasport Di Pulau Belakang Padang


Paspor menjadi alat dokumen penting jika kita akan bepergian keluar negeri. Mau sekolah, jalan-jalan, mengunjungi sanak keluarga yang ada di luar negeri, atau pun bekerja di luar negeri. Bicara paspor untuk pembuatannya, sekarang sangatlah mudah tidak seribet dulu lagi. Dalam 3 hari dokumen paspor kita sudah bisa diambil. Hari pertama datang untuk menyerahkan surat-surat seperti, KTP, kartu keluarga, ijazah/akte kelahiran pilih salah satanya.

Setelah lengkap surat-surat diserahkan ke petugas, lalu kita mendapatkan formulir, lalu diisi dan tunggu no antrianmu, kemudian wawancara sambil menyerahkan formulir yang sudah diisi lengkap.
Menunggu lagi, berikutnya untuk photo dan proses pembayaran. Setelah pembayaran, kita menerima surat sepotong untuk bukti tanda pengambilan pasport 3 hari setelah itu.(proses pendaftaran offline)

Batam adalah kantor Imigrasi kelas 1 yang melayani pembuatan paspor dengan kuota yang sangat ramai. Yang didatangi para pembuat paspor hanya untuk wilayah Kota Batam, dengan rata-rata hampir 200-400 orang perhari yang datang. Itu untuk mereka yang datang sebagai pembuat paspor mandiri, belum lagi para calo yang juga masih ada dan sepertinya memang tidak bisa dihilangkan. Bagaimana pun juga masih ada orang-orang yang membutuhkan jasa dari calo pembutan paspor tersebut. Bagi mereka yang tidak mau ribet dan mungkin tidak punya waktu banyak atau sedang bekerja.

Buat yang sedang pengurusan paspor, baik baru atau pun perpanjangan pasport. Bisa juga daftar online di www.imigrasi.go.id. Info saja untuk yang berencana membuat pasport di kantor Imigrisi kelas 1 Batam, maka bersiaplah dengan begitu banyaknya orang yang datang, dan sesaknya serta seharin stres di kantor Imigrasi. Seperti cerita teman dari jam 6 pagi pergi dari rumah dan baru selesai jam 8 malam.

Buat kamu, iya kamu yang tidak mau ribet dan stres dengan sesak seharian menunggu di kantor Imigarsi kelas 1 Batam. Walau harus buat sendiri tapi proses cepat, pergi saja ke Pulau Belakang Padang. Mungkin ribet diperjalanan ya, karena harus menyebrang dengan pompong dan tambahan biaya transportasi. Tapi masih jauh lebih mudah pembuatan di Pulau Belakang Padang. Tidak perlu datang pagi buta atau antri lama dan berdesakkan. Jam berapa pun kamu datang masih tetap dilayani sampai pukul 16:00 wib.

Lengkapi surat-suratmu dan periksa kembali apakah ada data yang tidak sama, seperti tanggal lahir dan huruf dari tulisan nama, karena itu yang akan membuat proses agak sulit. Untuk yang bekerja lengkapi juga surat keterangan kerja dari perusahaan. Bawa semua surat yang asli seperti :
1.KTP
2. Kartu Keluarga
3. Ijazah atau akte kelahiran (pilih salah satunya)
4. Surat nikah bagi yang sudah menikah
5. Paspor lama
6. 1 lembar matrai 6000, (2 lembar untuk pembutan paspor anak)
7. Surat keterangan kerja (sebagai pelengkap saja)

Photo copy bisa dilakukan di sekitar kantor Imigrasi, sebab beberapa yang di photo copy dengan cara yang hanya didekat kantor Imigrasi yang tau, untuk menghindari kesalahan dalam photo copy. Seperti Ktp, surat nikah dan paspor lama di photo copy bukan dengan cara bolak balik. Melainkan atas bawah dalam satu lembar.

Kantor imigrasi Belakang Padang

Untuk kantor Imigrasi pulau Belakang Padang, tidak ada dalam daftar online. bisa langsung saja datang dan akan dilayani sampai pukul 16:00 wib. Setelah semua surat-surat lengkap datang saja kepelabuhan rakyat di Sekupang. Yang letaknya di sebelah pelabuhan domestik dan di depan terminal bus trans Batam. Dengan pompong seharga rp 15.000 untuk sekali jalan, kita menuju Pulau Belakang Padang.

Tiba di pelabuhan pulau Belakang Padang, berjalan lurus saja. Setelah tiba di jalan raya Belakang Padang, pilih arah ke kiri. Kantor Imigarsi Belakang Padang dapat di tempuh dengan berjalan kaki, kira-kira k/l 100 meter saja. Sedikit ke arah kanan ada tangga menuju ke atas bukit, di situlah letak kantor Imigrasi Belakang Padang.

Hati-hati juga, untuk yang belum tau letak kantor Imigrasi, jika ada seseorang yang mengarahkan ke kantor penyuluhan yang terletak di dekat tangga menuju ke kantor Imigrasi Belakang Padang. Mereka akan mencoba mengajukan diri untuk membantu, sesungguhnya tidak perlu, abaikan saja ( untuk menghindari pungli) dan langsung menaiki tangga menuju kantor Imigrasi Belakang Padang.

Kantor imigrasi Belakang Padang
Suasanan di kantor imigrasi di Belakang Padang.

Suasana tidak ramai dan sesak, tapi santai. Langsung saja serahkan surat-surat yang sudah di photo copy. Jika belum, maka di dekat kantor Imigrasi selalu ada tempat untuk photo copy, dan biasanya mereka sudah tau proses photo copy untuk pembuatan paspor. Tidak perlu map, jadi jangan beli map. Matrai 6000, jika tidak ada bisa beli di tempat photo copy dengan harga rp 10.000.

Setelah menyerahkan pada petugas dibagian formulir, mereka akan mengecek kelengkapan dan jika sudah benar, kita akan mendapat formulir yang harus diisi. Jika sudah diisi dengan lengkap langsung saja serahkan di loket 1 dan kita akan menunggu untuk langkah selanjutnya yaitu, wawancara.

Selanjutnya menunggu lagi untuk photo paspor, buka photo selfie ya wkwkwk hapalah. Lalu menunggu untuk panggilan pembayaran rp 320.000 dan kita akan mendapatkan surat cinta, loh koq surat cinta apaan sich (intermezo) Surat bukti pengambilan paspor dimana ada tanggal dan hari serta jam untuk pengambilan pasportmu yang sudah siap. 3 hari kerja dari hari proses pembuatan.

Untuk pengambilan pasport, bisa dititipkan pengambilannya asalkan ada surat yang diberikan kepada kita ketika proses pembayaran selesai. Mungkin ada teman atau saudara yang akan pergi atau mungkin yang bekerja di pulau Belakang Padang.

***
Mohon maaf sekarang proses pembuatan paspor di Belakangpadang sudah ramai. Mungkin di karenakan tulisan ini sehingga banyak orang berbondong-bondong datang ke Belakangpadang untuk membuat paspor. Beberapa diantaranya pulang tanpa bisa diproses, karena sudah full untuk hari itu. Daftar online terlebih dahulu sebelum datang langsung ke Belakangpadang. Info terkini dari kantor Imigrasi di Belakangpadang. Terima kasih untuk pembaca !!!

You Might Also Like

9 komentar

  1. Mb maaf mau tny... kl ktp bukan batam perlu bawa surat domisili g ya?
    Saya mau perpanjang...
    Saya belum pernah ke belakang padang... tp kykny mending ke belakang padang drpd bikin di batam ya.... info ini sangat membantu...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Tertanggal 3 january 2018, pembuatan pasport di belakang padang sudah mulai numpuk bahkan saya kehabisan kuota, alternative lain, saya download aplikasi antrian, Dan sayapun daftar di imigrasi kel as II tanjung uban, dapat antrian pagi jam 8-9 , gak tau dah keburu apa kagak, mengingat saya berdomisili Di batam 😢, tapi kita bisa koq nentuin jam berapa kita bisa, asalkan kuota mereka masih ada, sayangnya punya saya kemarin keburu sy confirm .. ( salah sendiri ... Ya... Kan...?? ) 😂

    ReplyDelete
  4. di belakang pada apa daftar pakai wa atau langusng datang ya ?

    ReplyDelete
  5. knapa ya nmr telpn tdk diangkat kita mau tanya paspor sudah jadi atau belum

    ReplyDelete
  6. itu yg dari daerah2 luar, kebatam cma numpang bkin pasport ngeselin, kenapa gk pada bkin dkampung sndri, bkin batam makin penuh, makin sesak, makin susah, ngeselin, buat yg penduduk asli batam sndri susah ngurus data sndri.. plis deh buat aja dikampung masing2, kan punya kampung masing2, ngapain smpe batam.. sebel!!!!

    ReplyDelete