Pulau Benan Di Kabupaten Lingga

7:56 PM

Pulau Benan Di Kabupaten Lingga



Langkah kaki yang menjejaki pelabuhan di Pulau Benan, pertama yang tampak adalah, sederhana namun eksotik dengan laut dan pulau-pulau di sekitarnya. Pulau ini masih jauh dari para pecinta traveler, masih belum terexpose untuk di kunjungi wisatawan. Kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang Pulau Benan.

Benan island
Pelabuhan Pulau Benan

Pulau Benan berada di kabupaten Lingga, dapat di capai 1 jam lebih dari Batam melaui pelabuhan Telaga Punggur. Pertama kali datang bersama trip Merdeka Retreat yang dirancang oleh Nongsa Point Marina Resort yang terletak di Nongsa Batam. Nongsa Point Marina Resort adalah salah satu tempat sandar kapal-kapal yacht di Kepri. Baca selengkapnya disini


Pelabuhan pulau benan
Pelabuhan Pulau Benan

Dari Nongsa Batam, dimana Nongsa Point Marina Resort berada, kapal yacht berlayar menyusuri lautan Kepri menuju Lingga. Mereka, peserta Merdeka Retreat adalah datang dari berbagai negara, yang ikut program Nongsa Point Marina Resort.

Masih alami suasana di Pulau Benan, kealamian ini harus tetap terjaga dari keusilan rumah kaca atau pembangunan yang akan merusak alam di Pulau Benan. Penduduk yang ramah, alam yang indah akan menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung.

Apa sih potensi wisata di Pulau Benan....

Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Benan, begitu tiba di pelabuhan tak jauh dari situ ada sebuah penginapan yang sederhana di hiasi tepi laut beserta karang dan pemandangan pulau nan hijau. Hanya ada dua kamar berlantai kayu, juga penerangan dari ginset yang akan menyala dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. Jangan khawatir, ada lampu cadangan yang akan di bagikan oleh pengelola penginapan tersebut, sebagai ganti penerangan listrik. Jika untuk kebutuhan listrik lainnya maka menunggu sampai jam 6 sore. Harga berkisaran rp 150-200 ribu per kamar. Jika menginap disini, tak jauh dan tidak sulit mencari makanan atau warung makan. Ada sekitar 2 tempat makan yang juga menjual beberapa hidangan setempat serta kebutuhan lainnya.

Penginapan di Pulau Benan
Penginapan sederhana
Penginapan di Pulau Benan
Pemandanang sekitar yang akan memanjakan



Jalanan setapak yang sudah di cor semen menuju perkampungan penduduk di Pulau Benan, akan mengantarkan menuju Pantai Indah nan mempesona. Jalan di bentuk sedemikian rupa dengan warna hijau dan putih, menjadi jalan yang rapi untuk sampai ke Pantai Benan Belakang, begitulah penduduk sekitar menyebutnya.

Pulau Benan
Jalanan yang di bentuk dan di warnaii

Pulau Benan
Jalan menuju Pantai Benan Belakang

Dengan berjajar pohon-pohon kelapa dan jalan tanah yang bersih dari sampah akan membuat mata segar dengan suguhan alamnya. Terdapat juga Cottage di sana yang bisa disewa sebagai pilihan. Cottage itu di kelolah oleh Dinas Pariwisata setempat. Beberapa Gazebo pun turut melengkapi tempat santai di tepian pantai nan bersih dan nyaman. Harga berkisaran antara 200-300 ribu per cottage  dengan 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Pantai Belakang Benan
Pantai Benan Belakang

Pantai Belakang Benan
Selain pepohonan kelapa, juga terdapat beberapa Gazebo


Jika ingin petualangan yang lain, bisa melangkah kan kaki menuju sebuah bukit disana. Di perjalanan bisa di temukan batu yang di ukir alam dengan lafas arab "Allah" . Dari atas bukit dapat menyaksikan sekitaran Pulau Benan, dengan garis lengkungnya dapat dilihat dan nikmati keindahan laut dan pulau-pulau dari atas bukit.

Pulau Benan
Batu bertuliskan Lafas Allah

Sebelum sampai di Pantainya, ada jalan perempatan, apa bila berjalan dari pelabuhan, maka di arah sebelah kanan, dengan terus berjalan terdapat padang Savana yang cukup luas. Padang Savana dengan rumputnya yang berwarna kuning, ini jarang di temukan. Sangat bagus di jadikan objek photo yang menarik. Ada dua lokasi padang savana di sana, ada yang tak terlalu luas dan yang lainnya cukup luas untuk bergulingan atau berphoto ria.

Padang Savana
Padang Savana

Photo by Herman Tobing

Mau bersenorkling ria ??? Di pulau Benan juga ada spot snorkling dan diving. Saya belum pernah mencobanya, tapi informasi ini bisa sebagai pemberitahuan untuk pecinta biota laut. Untuk snorkling bisa di tebus hanya dengan rp 100 per orang, dengan minimal 4 orang.

Bagaimana cara untuk sampai di Pulau Benan....

Apa bila datang dari Batam, bisa melalui Pelabuhan Telaga Punggur. Setiap jam 9 pagi jadwal keberangkatan, dengan biaya rp 185.000/orang menggunakan speed boat bermuatan sekitar 100 orang. Speedboat ini hanya melayani 1 kali perjalanan setiap harinya.

Dari Tanjungpinang juga bisa di tempuh dengan speedboat sekitaran kurang dari 1 jam lama di perjalanan. Begitu juga dari jembatan 6 Barelang bisa menggunakan kapal ikan, lamanya perjalanan sekitar 2 jam. Atau bisa ikut paket tour yang lebih mudah dan seru dengan teman atau saudara. Pilihan ada di tangan anda.

Oya mau cerita dan photo yang lain di Pulau Benan....
Disini https://travellerkepri.blogspot.co.id/2017/06/pantai-pulau-benan.html?m=1

You Might Also Like

15 komentar

  1. Subhanallah baru tahu nih pulau tapi jauh dari Bandung hehe keeren batu n savana nya tfs mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren apalagi aslinya lebih kereeen

      Delete
  2. Savana nya keren banget yak, pantainya juga bersih. Eh tapi Pulaunya rame nggak sih ko nggak keliatan ada wisatawan lain yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulaunya masih sepi sih mba, tapi justru itu yang asim kalau mau berlibur tenang

      Delete
  3. Subhanallah, savananya kereen banget kak. Apalagi pantainya bersiiih banget. Maybe karena masih jarang yg ngunjungi ya. Jadi asrii banget kelihatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba tapi banyak bule loh yang datang kesini dan ga mau pulang hahahaa

      Delete
  4. Subhanallah.. Indah banget padang savananyaaaa.. Kayak di lukisaaaan.. Dan itu batu berlafaz ALLAH nya juga bikin takjub banget ya Mbak.. Jangi pengen piknik ke pulau Benan juga deh nih.. :")

    ReplyDelete
  5. Iya, padang savananya jarang2 kan nemu yang warna kuning. Berkah Pulau Benan

    ReplyDelete
  6. Kak mau nanya, ada kontak yg bs di hubungi ga untuk penginapan di pulau benan?

    ReplyDelete
  7. Kak mau nanya, ada kontak yg bs di hubungi ga untuk penginapan di pulau benan?

    ReplyDelete
  8. Kak mau nanya, ada kontak yg bs di hubungi ga untuk penginapan di pulau benan?

    ReplyDelete
  9. Kak mau nanya, ada kontak yg bs di hubungi ga untuk penginapan di pulau benan?

    ReplyDelete
  10. Ini no pengelola penginapan di Benan: 0821 7349 9130 (bpk. Sahlan)

    ReplyDelete