Bermain Dan Keliling Indonesia Bersama Di Bolang

1:48 AM

Bermain Dan Keliling Indonesia Bersama Di Bolang



April 2016 ini si Bolang sudah memasuki tahun ke 10 di Trans7. Selama sepuluh tahun di setiap senin sampai jum'at tengah hari, si Bolang hadir mengajak anak-anak bermain dan mengenalkan budaya di Indonesia. Bukan hanya Indonesia saja, si Bolang juga pernah keliling dunia untuk mengenalkan budaya dan kebiasaan anak-anak di negara yang pernah di datangi. Siapa sich si Bolang itu ? Hem enggak tau ya si Bolang itu siapa ....

Trans7
Photo By Trans7

Si Bolang adalah acara anak-anak televisi di Trans7. Dan si Bolang adalah singkatan dari si bocah petualang. Si Bolang di kisahkan memiliki teman antara 3 sampai 5 orang, dan mereka akan bermain tentang permainan tradisional di daerah mereka masing-masing. Apa saja sich permainan tradisional yang ada di Indonesia....?

Mereka juga akan bercerita tentang kebiasaan di daerah mereka, dari makanan khas sampai adat dan budaya. Mereka adalah anak-anak dari umur 7 sampai 10 tahun. Setiap hari akan menghadirkan cerita ke daerah yang berbeda. Dengan pemeran asli anak-anak di wilayah setempat. Mereka juga menggunakan bahasa asli daerah mereka, agar anak-anak bisa mengenal bermacam-macam bahasa yang ada di Indonesia. Selain itu ada suara narasi yang akan membantu menjelaskan tentang kegiatan mereka.

Melihat keseruan mereka bermain, kadang berada di lautan dengan berenang dan memancing ikan menggunakan cara yang tradisional, mengajarkan anak-anak untuk tidak merusak alam. Seperti menangkap gurita dengan gaya free dive mereka, mereka juga sangat pandai menyelam serta berenang (duh jadi iri lihat mereka), menangkap ikan dengan memanah. Lalu mereka memasak ikan itu dengan di bakar, wah.... jadi ngiler pengen ikutan sama mereka. Huus itu kan acara tv bagaimana mau ikutan coba, tuing tuing.

Trans7
Photo By Trans7

Kadang lagi mereka menangkap ikan dan udang  di sungai juga dengan cara yang masih tidak merusak alam. Terkadang juga mereka bermain ke hutan, ladang, perkebunan dan sawah. Bercerita bagaimana mereka bukan hanya bermain saja, namun juga membantu orang tua dan memelihara alam dan mencintai alam.


Si Bolang juga pernah menampilkan dan mengajak anak-anak dari negara luar untuk bermain dan mengenalkan budaya Indonesia. Mereka sangat senang bermain dan belajar bersama si Bolang. Si Bolang adalah anak-anak yang berada di pelosok daerah yang masih jauh dari mengenal gadget. Mereka juga anak-anak yang masih melestrikan permainan tradisional yang sekarang bergeser menjadi permainan game anak-anak perkotaan.

Acara televisi untuk anak-anak yang mengedukasi ini, juga banyak mendapatkan penghargaan. Bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga internasional. Acara televisi yang menampilkan kekayaan budaya dan bahasa di Indonesia ini bukan hanya di sukai oleh anak-anak saja loh, tapi juga orang-orang tua yang terkenang masa kecilnya dengan permainan tradisional.

Trans7

Buat orang tua yang punya anak, ini menjadi tontonan wajib bagi anaknya. Agar banyak tau, banyak ilmu dan pengetahuannya, serta mengenal budaya yang ada di Indonesia. Walau hanya di rumah, tapi serasa berkeliling ke seluruh nusantara.
Tapi miris, lagi-agi miris dengan para orang tua yang lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri. Coba saja cek, apakah sudah memperhatikan anak-anaknya. Banyak yang ku lihat dan mengamati perilaku para orang tua kebanyakan, mereka lebih mengutamakan menonton tv untuk kegemarannya. 

Seperti yang pernah saya alami ketika berkunjung ke rumah teman saat siang hari, yang mereka tonton adalah acara kesayangan orang tuanya. Ketika saya tukar chanel ke acara si Bolang, mereka justru tidak menyukainya, dan melipir pergi.

Mungkin mereka belum terbiasa menonton acara si Bolang, karena bukan kebiasaan mereka menonton itu. Anak-anak secara tidak langsung di paksa untuk ikut menonton acara kesayangan orang taunya. Kadang lagi di suguhkan acara kartun yang sebenarnya juga tidak mendidik. Lihat saja kartun kebanyakan, jarang ada yang mengedukasi.

Kita tidak bisa menyalahkan televisi yang menyuguhkan acara tak mendidik, sedangkan ada acara yang mendidik saja, kita tidak peduli. Kita lah yang harus bijak memilih tontonan yang bermanfaat untuk kebutuhan otak kita dan pengetahuan. Di Indonesia kita harusnya bangga loh ada televisi swasta yang meyuguhkan acara edukasi untuk anak-anak, yaitu Trans7. Saksikan acara si Bolang di Trans7 setiap hari senin-jum'at, jam 13:00 wib. Setelah acara Lap top Si Unyil.

Trans7

Hai Bolang kemana lagi kamu akan bermain. Boleh ikutan ya......

You Might Also Like

0 komentar