Pegunungan Unik Di Indonesia

1:25 AM

Pegunungan Unik Di Indonesia



          Gunung Jaya Wijaya

Pegunungan jaya wijaya adalah pegunungan tertinggi di papua. Sangking tingginya, jangan heran kalau disini bisa melihat salju dari dekat. Walau kita hanya punya musim hujan dan musim panas, ternyata saudara kita di Indonesia timur punya satu musim lagi, yaitu musim salju. Kalau mau lihat salju enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

Irian Jaya
Photo anggita.byethost10.com

Pegunungan Jaya Wijaya juga masuk dalam daftar 7 summit, yang adalah salah satu gunung tertinggi di dunia dengan 4.884 meter di atas permukaan laut. Siapakah yang menemukan puncak salju beriklim tropis ini ? Dulu seorang petualang asal Belanda, Jac Carstensz yang menemukan puncak bersalju ini. Dulu dunia mengenal lokasi tersebut Carstensz Pyramide dan setelah Indonesia meraih papua kembali puncak gunung bersalju itu pun berganti nama menjadi puncak Jaya Wijaya atas pemberian nama presiden Sukarno.

          Gunung Bromo

Kita beralih ke pulau jawa, ya ke gunung Bromo. Bromo yang berada di 4 kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut. Selain indah, kawasan ini juga penuh dengan pesona alamnya.

Kalau kawasan ini ada lautan pasirnya, dan ternyata ada juga di Bromo lautan hijaunya yang sangat kontras dengan sisi sebelahnya yang lautan pasir. Bentangan luas lautan taman ini, orang-orang mengenalnya dengan sebutan Bukit Teletabis. Kalau mau ke sini pasti akan melihat lautan pasir dulu, baru ketemu sama Bukit Teletabis.

Bukit Teletabish

Jawa Timur
Photo by mikacory.wordpress.com


Dan yang paling di tunggu-tunggu kalau berada di Bromo, adalah melihat sunrise di puncak gunung Bromo. Biasanya seluruh pemburu sunrise sudah bersiap-siap sejak subuh untuk sampai di puncak gunung Bromo. Demi melihat keindahan sunrise dari pagi hari di puncak gunung Bromo. Mau sampai ke puncak Bromo ada 253 anak tangga selebar 1 meter yang siap mengantarkan kita persis ke puncak Bromo. Wah Siap-siap stamina yang baik untuk sampai ke puncak ya.

Jawa Timur
Photo by homestaygunungbromo.com

          Gumuk Pasir Parang Kusumo.

Gurun pasir yang indah dan luas juga ada di Indonesia loh. Gumuk Pasir Parang Kusumo letaknya di daerah Bantul Jogjakarta. Persis di dekat pantai Parang Tritis. Layaknya berada di gurun pasir di luar negri, sensasi ini yang di cari oleh wisatawan dari dalam dan luar negri untuk menjelajah sampai kesini. Mau tau datangnya pasir ini ???!! Ini merupakan dari letusan gunung merapi yang melontarkan pasir-pasir sebanyak itu. Pembentukan fenomena alam ini pun sangat menabjuk.

Jogja
Photo by Phinemo.com

Kalau dunia mengenal gurun pasir Sahara di Afrika Utara, di Indonesia ada gumuk pasir Parang Kusumo. Enggak perlu jauh-jauh keluar negri, sekarang ada di jogja. Selain gumukkan pasir Parang Kusumo ini yang menjulang tinggi hingga 20 meter. Gumuk pasir Parang Kusumo ini juga di jadikan lokasi para pecinta sandboarding. Permainan extrim meluncur dari ketinggian 20 meter sampai 200 meter panjngnya.

Itu tandanya gumuk pasir Parang Kusumo di Jogja ini mengalahkan sandboarding di Amerika Serikat. Yang hanya 15 meter tingginya. Adrenali mu akan terpacu jika bermain sandboarding disini. Gumuk Pasir Parang Kusumo ini  juga menjadi salah satu objek  pusat penelitian dunia dan masuk dalam daftar Unesco world Heritage, karena merupakan fenomena alam yang tak biasa dan hanya satu-satunya di asia Tenggara.

Jogja
Photo by ceritamu.com

Jogja
Photo by flickr.com


Seru ya lihatnya apalagi kalau kita berada di lokasinya langsung. Wah lebih seru lagi tuh. Ada yang sudah pernah datang kesini ??? Kalau belum ayo kita bertualang. Ajak-ajak saya ya...

You Might Also Like

0 komentar