Sejarah Batam Tempo Doeloe

07.30

Sejarah Batam Tempo Doeloe

Sejarah Batam

Sejarah Batam Tempo Doeloe, tidaklah mudah membangun kota ini. Pulau Batam ini dari titik nol untk bisa maju seperti sekarang. Bukan perkara mudah, segampang Bandung Bondowoso yang nyulap candi sewu. Butuh effort gede, biaya tak sedikit dan tentu perjuangan hebat para pionir. Simak perjuangan mereka, lalu resapi dan maknai tetes keringatnya. Agar kita tak jadi generasi yang tak tau berterimakasih dan lupa sejarah.

Sejarah Batam Tempo Doeloe kembali ada dan menyambut kemerdekaan RI di 17 Agustus 2018. Lokasi yang dipilih kali ini adalah Nagoya City Walk. Di hari perdananya, akan ada para bule-bule expatriat ikut adu lomba 17an. Seperti apa sih keseruannya? 

Sejarah sekolah SD pertama di Pulau Batam

Sekolah dasar swasta pertama di Batam. Berdiri di perkampungan Jodoh, bersama SD Yos Sudarso dan SD Ibnu Sina. SD Budi Utama adalah sekolah pionir di kota Pulau Batam. Sayang, bangunan SD ini tak berjejak, dah raib ditelan pembangunan ruko dan gedung bertingkat di Batam. Sekarang orang-orang hanya bisa mengenangnya lewat foto macam di bawah ini.

Batam Kepri

Sejarah Ibu Kota Batam, Nagoya

Sejarah di satu sudut Nagoya 1985,
Siapa sangka bersama saudara tuanya Jodoh, Nagoya kini tampil  menjadi jantungnya Kota Batam. Mengikut fengsui (katanya neh ya.) Nagoya memanglah "kepala naga"nya  Batam,  yang dalam faktanya, sejak terbangun hingga kini bergeliat dengan pesatnya, dan berdenyut nyaris 24 jam! Tersebab oleh fengsui itu pula, tempo doeloe, Otorita Batam bahkan sempat "kepayahan" mengajak para tauke Nagoya untuk "beranjak" mengembangkan sang adek Batam Center. Alhasil, meski berlabel "pusatnya Batam," Batam Center justru tumbuh tertatih. Memasuki era tahun 1990-an, area ini mulai menampakkan geliatnya, itu pun harus distimulus terlebih dulu oleh keberadaan civic center, yang notabene dibangun menggunakan funding dari pemerintah.

Sejarah Batu Ampar.

Pasca Batuampar ditetapkan sebagai zona entrepot partikulir, Jodoh bertumbuh menjadi episentrum bagi bertumbuhnya aktifitas sosial dan ekonomi paling utama di Batam. Ada gula ada semut, maka Jodoh pun menjelma bak magnet, menyihir banyak orang dari mana saja untuk mendatanginya.

Sejarah Bandara Hang Nadim Batam

Bandara Hang Nadim 1978, digagas pembangunannya di era Ibnu Sutowo, Hang Nadim pada awalnya cuma punya landasan pacu 850 meter, di masa awal,  mengikut master plan, bandara yang kini memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia. Sedianya dibangun di kawasan Tanjunguncang, tapi karena berpotensi menganggu intensitas penerbangan Bandara Changi Singapura, maka Ibnu Sutowo memindahkannya ke area di sekitaran Batubesar sebagaimana kita saksikan kini. Dipimpin pembangunannya oleh Kabalak Soedjatmiko, Hang Nadim diperintisan awal hanya bisa didarati pesawat jenis Twin Otter dan helikopter. Soedjatmiko yang membuat sketsa layout-nya, baru kemudian disempurnakan oleh kontraktor Robin Ednasa. Lalu kenapa harus dinamai Hang Nadim?...Siapa pula itu Hang Nadim?


Batam Kepulauan Riau

Sejarah  Duriankang, Kota yang hilang.

Duriankang di masa lalu, adalah ibu kota "tak resmi" bagi warga Tionghoa Batam. Terutama mereka yang bersuku Tio ciew dan Liu ciew.
Sejak era 1920-an, ia tampil menjadi sentra dagang penting sekaligus pusat pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Tau Lo (penghulu).
Dimulai dari Tau Lo Tio ju Choi hingga Tan Jek Jui. Duriankang baru dibauri suku lain pada tahun 1950, ketika satu dari warganya beretnis Hokian mempersunting wanita asal Jawa yang tak dikenal nama dan asal usulnya. Mereka hanya menyebutnya dengan panggilan "ibu,"
Lambat laun, Duriankang pun tumbuh menjadi perkampungan besar yang dihuni oleh beragam etnis dari berbagai daerah di Indonesia.
Sayang, pasca itu, ketika Otorita Batam menetapkan Duriankang sebagai catchment area DAM Duriankang, sejak saat itu pula kota ini perlahan "raib" dan hanya meninggalkan nama.
Bukti sahih Batam sejak dulu dibangun oleh sebuah kesadaran dan konsensus bersama, yang dalam perjalanannya sudah barang tentu membutuhkan pengorbanan laiknya Duriankang, the lost city.

Hotel berbentuk bangunan beton semen, adalah Wisma milik PT Persero, yang menjadi hotel pertama di Batam. Yang kedua, hotel bukit Nagoya, milik Raden Sulaiman. Lalu Hotel Sari jaya, Holiday Hotel, menyusul kemudian. Yang pasti Holiday Hotel lebih awal dibangun, dari Hotel Sari jaya. Holiday Hotel yang lama bukan New  Holiday. 

Batam kepulauan Riau

Komplek perumahan pertama di Batam adalah Mainland, perumahan bukit senyum yang dibangun oleh Pertamina. Dan masih banyak sejarah yang bisa kamu ketahui di Pameran Sejarah Batam Tempo Doeloe di Nagoya City Walk.
Ayo datang dan jadilah orang Batam yang mengetahui sejarah dan cerita lampau.

Sejarah Batam Tempo Doeloe akan ada mulai dari 17 Agustus hingga 23 September.

Nagoya City Walk


You Might Also Like

1 komentar