Jalan-jalan Teruuuus

21.24

Jalan-jalan Teruuuus 



"Mba apa kabar, jalan-jalan terus nih !!!" seorang teman tiba-tiba inbox.
"mba lagi dimana ? jalan-jalan aja nih kerjanya," teman facebook bertanya. Di lain waktu, "mba sekarang lagi dimana," tanya teman yang lainnya.
" Kapan pulang, saya mau nitip," komen seorang teman di photo yang baru saya kirim di medsos.
" Mba maaf mau tanya, mba kerja dimana koq aku lihat jalan-jalan terus," teman yang lain lagi ikutan bertanya.

Anambas
Anambas Kepulauan Riau

Diatas adalah beberapa teman yang terhipnotis sama photo-photo yang aku kirim di beberapa Media sosialku. Hemmm mau jawab apa ya, kadang aku lagi di Anambas, tetiba besok aku share photo di Pulau Benan. lalu aku berada di Bintan dan kemudian di acara makan-makan. Lagi di acara hotel, dan restoran, photo bareng orang rame-rame. pernah juga aku lagi di blusukan ke hutan lalu masak-masak bareng komunitas.

Batam
Pulau Benan Kabupaten Lingga Kepri

Bintan
Telaga Biru Bintan Kepri

Sejak tahun 2015 saya belajar menjadi seorang Blogger. Apa itu Blogger ??? Awalnya saya juga tak mengerti apa itu blogger, setelah berteman dan belajar akhirnya saya tau apa itu Blogger. Blogger adalah penulis di Media Online milik sendiri. Yang kemudian di kirim ke Google dan jadi informasi di sana.

Hotel Batam
JNE Blogger Gathering

Tepatnya keracunan sama teman yang bisa di undang di acara-acara besar, waktu itu Andromax yang sedang promo peluncuran prodok barunya. Awalnya kita adalah komunitas jalan-jalan. Dari group Backpacker Dunia, lalu berkembang menjadi Anak Pulau yang sempat menjadi hits, yaelaaah kereen uiy.

Yups seorang teman yang juga jurnalis, menulis cerita tentang komunitas kita di kolom mingguan di koran Batam post, salah satu media koran di Batam. Mungkin karena itu kita hits hehehehee. Komunitas kita yang ada di whatsapp semakin berkembang dan bertambah anggotanya. Dan beberapa diantaranya adalah Blogger. Nah dari merekalah aku keracunan, dan jadi Blogger dadakan. Wiiih....

Blogger yang pada saat itu belum di kenal di Kota Batam Akhirnya berkembang dari undangan-undangan acara untuk membantu promosi melalui internet. Dimana sekarang siapa saja akan banyak berinteraksi dengan dunia internet. Sampai akhirnya ada jalan dimana kami di undang oleh Dinas pariwisata Kepri yang ketika itu, Kepala Dispar Kepri adalah pak Guntur Bumi. Kita berikrar membantu mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Batam, dan Kepri khususnya.

Nongsa Batam
Kampung Terih Nongsa Batam

Nongsa Batam

Walau saya sekarang tidak lagi bernaung di bawah Blogger Kepri, dimana awal terbentuk saya sudah menjadi anggota, harus tetap semangat walau harus berjalan sendiri. Berkah itu pun datang, saya bertemu dan berkenalan dengan  seorang penulis besar yang di miliki Kepri. Edi Sutrisno adalah penulis yang sudah menerbitkan buku bertema Traveling. Buku-bukunya bisa di dapat di Dinas Pariwisata Kepri secara gratis.

Akhir tahun lalu aku sempat vakum dari dunia blog. Kesibukan bekerja membuat aku tak punya waktu untuk menulis dan jalan-jalan, karena niche (tema) blogku adalah traveling. Di bulan maret tahun 2017 aku memutuskan berhenti bekerja. Berawal menghadiri acara Bedah Buku Exploring Anambas di Mega Mall Batam Center, aku di undang mas Edi Sutrisno karena buku itu adalah hasil karyanya.

Anambas akan mengadakan even besar di bulan mei dan acara Bedah Buku Exploring Anambas Selengkapnya baca disini, adalah menjadi ajang promosi. Mas Edi dalam pembahasannya menyampaikan, untuk mengundang Blogger dan juga para media, baik media dalam mau pun luar negeri untuk promosi yang lebih luas lagi. Agar semakin banyak orang mengenal Anambas.

Nah, berawal dari sana mas Edi sering tuh mengajak saya untuk membantu beliau dan juga teamnya. Lumayan sih buat saya sebagai bahan conten untuk tulisan, juga jalan-jalan gratis. Ada ratusan photo yang saya ambil ketika berada di Anambas, puluhan video yang sampai sekarang belum keedit. Wow....

Jadi, setiap hari aku selalu post photo secara acak di lokasi berbeda. Sehingga orang mengira aku sedang jalan-jalan, pada hal aku lagi bobok cantik di rumah. Pamer sih iya tapi lebih tepatnya adalah promosi. Kalau bukan kita yang ikut mengembangkan dan menyebarkan berita tempat wisata di daerah kita, lalu siapa lagi. Hobby jalan membuat saya selalu mencari teman atau momen untuk bisa traveling walau itu dengan biaya sendiri.

Anambas
Pulau Letung Anambas Kepri

Anambas Kepri
Letung airport 


Bintan Kepri


Tanjungpinang Kepri
Tanjungpinang 

Aku juga bergabung dengan komunitas PARI (penjelajah Alam Kepri) karena hobby ku traveling, jadi kemana saja hayuuuk lah yang penting jalan-jalan. PARI adalah mereka yang suka menjelajah dengan bercamping ria bersama keluarga, termasuk anak-anaknya ikut serta, bahkan yang masih bayi pun ikutan, juara dech PARI. Beberapa tempat wisata di Batam juga hasil dari sentuhan mereka yang menata mengolah hingga bagus dan menjadi menarik. Seperti Tangga Seribu di Sekupang Batam. Tentang PARI baca di mari


Sekarang saya ikut berpartisipasi di GenPi Kepri. Apa itu GenPi Kepri ?? GenPi adalah Generasi Pesona Indonesia. Di bawah naungan Kementrian Pariwisata di sektor Media Sosial. Membantu mempromosikan acara dan even-even yang ada di Indonesia. Untuk menarik minat dan mengundang Wisatawan dan wisata Mancanegara. Dengan meyebarkan informasi di Media Sosial kita, karena seorang Blogger harus aktif di banyak media sosial yang ada. Sebagai sarana untuk mempromosikan tulisan dan juga berita, seorang Blogger juga harus aktif sebagai netizent. Follow Instagram @Genpi.kepri

Bagaimana...?? Sudah tau donk sekarang kegiatan saya apa dan kenapa !! Bukan karena banyak uang (aamiin, do'ain ya manteman) atau pun pamer, tapi lebih ke promosi dan berbagi informasi. Mau jalan-jalan ke Batam atau Kepri, rekomendasi Hotel, Resort dan Restoran !! Ada di tulisan asihtraveling.blogspot.co.id

Ada juga yang bertanya, "di bayar berapa jadi anggota GenPi Kepri ??? 

Jawabannya Nggak ada, kita relawan saja disana, bisa memberi dan membantu sudah membuat kita senang.

Siapa aja yang ada di GenPi ?? 

Orang-orang yang berkerja di bidang Pariwisata, ada dari Kementria Pariwisata, Dispar Kepri, Disbudpar daerah dan para Selebgram, PARi, Blogger dan siapa saja muda-mudi yang mau membantu mempromosikan tempat-tempat wisata di daerahnya. 


You Might Also Like

1 komentar

  1. Paling asyik itu jadi traveler blogger ya mab, apalagi kalau kita berada dalam satu naungan organisasi yang mengeducated masyarakat akan keberadaan dan potensi suatu daerah. Kita bisa jalan-jalan melihat daerah baru dan mengenal budaya setempat, menambah wawasan, mempertebal rasa toleransi, mencintai, bersyukur dan menghargai kehidupan. Oh iya satu lagi, jangan pernah tinggalkan sosmed. Traveling tanpa sosmed kayaknya kurang asyik ya.

    BalasHapus