Pak Sabar Gorky Tuna Daksa Yang Hobi Mendaki Gunung

10:58 PM

Pak Sabar Gorky Tuna Daksa Yang Hobi Mendaki Gunung





Hobinya adalah mendaki gunung, pekerjaannya adalah pembersih kaca gedung bertingkat. Hem enggak mecing ya boo antara hobi dan pekerjaan. Tapi semua itu sempat terhenti selama setahun, ya karena di tahun 1990 sebuah kecelakaan merenggut salah satu kakinya. Hal ini tentu membuat semangat dan hidupnya hancur. Bagaimana tidak, yang tadi bisa berlari dan berjalan sempurna,  dengan hobi dan pekerjaannya. Lalu bagaimana jika dia hanya memiliki satu kaki. Oh tidak....


Sabar Gorky nama yang kini di kenal orang kalangan pendaki gunung dan pemanjat tebing. Nama Gorky sendiri di berikan oleh KBRI di Rusia yang memiliki arti pahit. Mengapa pahit, karena kisah hidupnya yang pahit namun beliau mampu bangkit. Setahun pak Sabar mengurung diri dengan rasa putus asa dan kesedihan.

Beruntungnya dia memiliki teman dan sahabat yang memberi semangat dan dukungan. Yang akhirnya menumbuhkan kembali harapan baru dalam hidupnya. Bangkit dari rasa putus asa itu pak sabar belajar menerima kenyataan dan melirik hobi baru dengan memanjat tebing sebagai ganti hobi lamanya mendaki gunung.

Begitu pula ketika pak Sabar mulai kembali menekuni pekerjaan lamanya. Beliau mendatangi manager yang ingin menggunakan jasanya, untuk membersihkan kaca gedung bertingkat. Dengan satu kaki dia datang lalu mecoba memberikan penjelasan, dengan standart internasional beliau bisa mengerjakannya. Untuk lebih meyakinkan sang manager, di tambah juga dengan photo-photo bagaimana pak Sabar bisa mengerjakannya. Dan manager yang akan menggunakan jasanya akhirnya mengerti. Bukan hanya itu saja terkadang beliau juga menerima pekerjaan untuk membobok tembok lalu di bangun lagi dan kemudian di bangun sampai di cat kembali. Ya itu lah pekerjaannya.

Sebagai Tuna Daksa jangan di tanya gunung mana saja yang sudah di daki. dan penghargaan apa saja yang sudah di dapatkan. Bangkit dari kesedihan dan putus asanya dengan menekuni panjat tebing, di tahun 2009 pak Sabar ikut kejuaraan di Korea Selatan dan meraih mendali emas. Banyak prestasi yang sudah di raih, walau hanya memiliki satu kaki dan beliau satu-satunya yang terdaftar di Asia, Tuna Daksa yang berhasil mendaki gunung Elbrus.

Bahkan rekor MURI pun di berikan kepada pak Sabar sebagai seorang Tuna Daksa yang mendaki gunung. Di tahun 2012 beliau juga ikut meramaikan Asia games yang menyalakan obor sebagai tanda Asia games di mulai. Dan itu membuat Mentri Pemuda dan Olah Raga yang ketika itu pak Andy Malarangeng takjub padanya.

Carilah nama harum dulu, nanti rezeky yang akan mengikutimu. Sebuah pesan yang kini menjadi nyata dalam hidupnya, ketika rasa khawatir pernah menghantuinya. Dengan kondisi yang ketika itu membuat hidupnya sempat hilang. Dengan semangat hidup baru pak Sabar tak pernah berhenti melakukan kegiatan yang membuat namanya harum serta di kenal orang.

Dengan kondisinya seperti sekarang sudah banyak gunung yang di taklukkan. Lalu bagaimana dengan keluarga beliau apakah tidak merasa khawatir ? Biasa aja dan keluarganya ikut mendukung apa pun yang di lakukannya, karena istri pak Sabar sendiri juga seorang pendaki gunung. Wow

Tak pernah berhenti dan terus serta lagi dan lagi, kata-kata itu yang menggambarkan tentang kegiatan nya mendaki gunung. Tidak ada kata menyerah dan capek, mungkin jika sudah bosan maka beliau akan berhenti sendiri. Untuk tahun ini 2016 pak Sabar Gorky sudah pun punya rencana, mendaki gunung. Untuk persiapannya sendiri semua sama pada umumnya.

Namun untuk bisa sampai kepuncak, pak Sabar harus merangkak dengan hanya membawa makanan dan minuman saja. Yang paling sulit adalah mengangkat beban, maka harus menggunakan jasa poter hanya sampai di ketinggian 4800 lebih diatas permukaan laut. Karena di atas puncak sendiri cukup 15-20 menit saja. Dan untuk turun pak Sabar kembali harus merosot lalu akan di lanjutkan jalan dengan tongkatnya hingga sampai kebawah.

Selalu ada hikmah di balik kejadian yang menyebabkan kaki pak Sabar harus di amputasi. Peristiwa di tahun 1990 berawal pak Sabar terjatuh dari kereta yang sedang berjalan dan salah satu kakinya masuk kedalam lintasan sehingga kakinya terputus. Setahun beliau mengurung diri karena depresi. Di akhir tahun 1991 pak Sabar bangkit dengan semangat baru dan tanggung jawab hidup yang masih di berikan. Kini peristiwa itu menjadi sejarah kehidupan yang lebih baik untuk pak Sabar, dengan kejadian itu beliau sekarang dikenal dan menjadi berkah baginya,  Hingga sampai bertemu dengan Presiden SBY.

Kisah pak Sabar Gorky menjadi inspirasi dan pembelajaran, walau dengan keterbatasan kita bisa kok melakukan dan mendapatkan apa pun yang terkadang tak pernah terfikirkan. Mendaki gunung itu tidak mudah, bahkan bagi yang memiliki dua kaki, apalagi dengan satu kaki. Bagi pak Sabar, walau pun berat tapi karena hobi maka dengan senang hati melakukannya dan tak merasa beban. Ringan dan mudah pun kalau bukan hobi maka akan terasa berat. Sukses terus ya pak Sabar Gorky.....

You Might Also Like

2 komentar