Wisata Ke Kuil Pa Auk Tawya Hermitage Di Pulau Rempang Barelang

01.19

Wisata Ke Kuil Pa Auk Tawya Hermitage Di Pulau Rempang Barelang

Batam adalah kota yang pesat kemajuannya, selain tempat industri elektronik, kini sudah menjadi lokasi wisata bahari. Jembatan Fishabilillah atau biasa orang menyebut jembatan 1 Barelang, adalah tempat dimana lokasi wisata yang indah untuk dikunjungi, ketika kamu datang ke kota Batam. Ada 6 pulau yang dihubungkan oleh jembatan yang dibangun oleh pemerintahan BJ Habibie ketika itu.

Ada banyak pantai dan tempat sejarah di sana. Belakangan banyak pantai yang ditemukan dan menjadi viral di medsos. Ada Pulau Labun di jembatan 6, Baca disini. Bahkan ada Pulau Abang yang sedang berkembang tempat wisata snorklingnya dan ada pelabuhan rakyat dimana banyak pompong yang akan mengantarkan kita ke pulau Abang dan pulau-pulau lainnya. Baca juga Berlayar lagi dengan MV Sea View dibatam

Pa Auk Tawya Hermitage ramai jadi pembicaraan orang, baik photonya yang tersebar di medsos, mengundang orang-orang yang menyukai keindahan untuk datang berkunjung.

Bertempat di Pulau Rempang, Pa Auk Twya ini berada. Sebelah kiri jalan jika akan menuju ke Pulau Galang. Ada sebuah gazebo yang didesign unik dan menarik tepat di depan arah jalan masuk menuju Pa Auk Tawya. Guys sekarang untuk datang kesini tak bisa sembarangan lagi. Karena harus ditutup ketika mereka melakukan ritual sembayang.

Batam
Pintu masuk ke jalan menuju ke Pa Auk tawya

Untuk sampai dan masuk kedalam tempat Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, tempatnya cukup jauh dan jalan masuknya harus melalui hutan, serta jalanan tanah. Apa lagi ketika mendekati lokasi Vihara, jalannya cukup curam dan kondisinya agak buruk. Jika hujan datang kemungkinan licin dan berlumpur. Bersyukur ketika hujan tadi di rumah, ternyata di tempat itu tidak hujan. Jadi jalan tanahnya masih kering.

Lokasi bangunan itu berada di atas bukit, sekitar kebun sayur dan buah di dalam hutan. Menarik karena berada di atas, sehingga pemandangan sekitar tampak hijau serta di sisi lain juga ada pemandangan laut dengan beberapa pulau. Ada 196 anak tangga yang mengantar langkah kita sampai ke sebuah bangunan yang konon tempat untuk bermeditasi.

Batam

Tidak ada penjaga atau pengurus yang terlihat disana, sehingga tidak tau harus bertanya pada siapa. Sepi dan tertutup, terlihat di dalam bangunan bentuk segi empat itu kosong. Hanya terlihat seorang wanita duduk dengan kelambu kecil yang hanya cukup untuk seorang, lalu ada kipas angin di dekatnya yang sedang bermeditasi sendirian. Kita berphoto dan merekam keindahan sekitar yang membentang luas dan jauh dari tempat yang tinggi.

Pulau Rempang Barelang

Rempang Batam


Terus berjalan mengikuti jalanan setapak dengan kiri kanan ditanami bunga-bunga. Lalu banyak juga pohon mangga, wah kalau berbuah dan lagi musim mangga, boleh enggak ya dipetik mangganya. Terus berjalan maka akan menemukan gazebo dengan sebuah patung Budha lumayan besar yang mengarah ke rumah meditasi. Ada beberapa anak tangga menuju ke gazebo tersebut. Disinilah tempat terbaik berphoto dengan terlihat pemandangan sekitar dan rumah meditasi. Seperti photo di bawah ini.
Pulau Rempang Batam

Pulau Rempang Batam


Sedikit jalan menanjak adalagi lokasi yang mana terlihat keindahan di sisi yang lain. Terlihat pemandangan lautan dan beberapa pulau. Di sana juga ada sebuah rumah yang di atasnya ada bentuk bangunan Candi di Borobudur. Di empat sudutnya lalu di tengah dengan ukuran yang lebih besar dari yang di sudut. Seperti pada gambar.

Pulau Rempang Batam

Disana kita bersantai sambil menikmati pemandangan dan ngobrol ringan, namun terusik oleh anak-anak muda yang berphoto sambil melompat. Kekinian sih, tapi itu lokasi bukan tempat wisata bebas tapi tempat ibadah. Dimana harus dijaga etika dan harus tau dimana kita berada. Akhirnya kita undur diri dari tempat itu.

Kita menuju kebun buah naga, dan ketika diperjalanan terlihat kebun ilalang yang menarik perhatian. Kita singgah dan meminta izin pada penghuni sebuah pondok. Seorang ibu menyapa sambil bertanya "mau kemana," karena kita memasuki wilayah mereka. "Mau numpang berphoto di ilalang bu," jawab kita sambil singgah ngobrol sebentar. Si ibu berkata bahwa sering orang datang dan singgah hanya sekedar berphoto, kadang ada juga yang photo prewed di situ. Wah pasti seru tuh photo prewed di sana. Kita pun enggak mau kalah ckrek ckrek. Dan di bawah inilah hasilnya.

Pa auk tawya hermitage di pulu rempang barelang

Lanjutkan perjalan setelah bergantian photo di kebun ilalang. Sampai di tempat kebun buah naga, disana ada warung makan dimana ada bakso, dan olahan buah naga seperti keripik buah naga, manisan kulit buah naga dan tentu jus buah naganya. Aku melihat dua orang wanita sedang memotong kulit buah naga, lalu iseng dan bertanya
"itu untuk apa,"
"mau dibuat manisan seperti itu," jawab mereka. Sambil menunjuk bungkusan kecil di dekatku.
"Oh bisa dibuat manisan," tanyaku lagi.
"Bisa tapi prosesnya panjang, direndan dengan air garam selama 2 hari, lalu direbus dan dimasukan ke air gula," penjelasan singkatnya.
Kita duduk santai di sana sambil menikmati bakso dan jus buah naga. Dari warung itu kita bisa melihat kebun buah naganya, tapi belum terlihat ada buahnya.


Pa auk tawya hermitage di pulu rempang barelang
Pa auk tawya hermitage di pulu rempang barelang


Menurut yang jaga disana. Buah naga ini tidak tergantung musim, buah naga ini bisa berbuah sepanjang tahun. Dari berbunga sampai masak dan bisa dipetik, hanya berumur 40 hari. Luas lahan ada sekitar 7 hektaran keseluruhannya, tapi yang ditanami buah naga hanya 4 hektaran, sisanya ada juga pohon jambu kristal atau jambu biji. Hari mulai gelap dan kita pun pulang. Yuk kita kemana lagi!

You Might Also Like

15 komentar

  1. heheheheh bagus kan pelampiasan emosi itu dengan piknik piknik pikni..akhirnya fresss dan tensi darah pun stabil lagi..:)

    BalasHapus
  2. Bisa ga bawa mobil kesana??

    BalasHapus
  3. Bisa ga bawa mobil kesana??

    BalasHapus
  4. Boleh ya kak masuk ke kuil itu???

    BalasHapus
  5. Boleh ya kak masuk ke kuil itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh koq masuk, kalau disana tak ada acara ke agamaan

      Hapus
  6. Balasan
    1. Tidak ada alamat, tapi saya sudah beri petunjuk. Kalau mau kesana setelah melewati kebun buah naga lihat saja sebelah kanan di sana ada pos seperti di photo dalam pos ini.

      Hapus