Kepri Bukan Riau

11:40 AM

Kepri Bukan Riau


Kepri bukan riau, judul ini akan ada di beberapa tulisan blogger. Karena tulisan ini menjelaskan pada sobat semua tentang kepri yang kepanjangan dari, Kepulauan Riau. Tulisan ini juga akan menjelaskan bahwa, Kepulauan Riau bukanlah Riau (pekan baru). Dulu iya, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Bintan, lingga, adalah bagian dari propinsi Riau.

Namun di tahun 2002 resmi memisahkan  diri dari Riau (pekan baru), dengan menggunakan nama Kepulaun Riau dan di singkat KEPRI. Kepri sendiri berpusat di Tanjung Pinang. Nama Kepulauan Riau di pilih, adalah karena Kepri terdiri dari 94 % lautan , dan 6% daratan. Mengenai hal ini masih banyak orang yang salah faham, karena Riau masih terbawa di nama tersebut.

Membuat banyak yang keliru akan Kepulaun Riau adalah Riau. Bukan saja orang awam yang mungkin tidak peduli akan hal ini, bahkan para pejabat dan orang - orang yang petinggi negara pun, masih keliru akan Kepri.

Ada sedikit pembicaraan di sebuah group whatsapp dengan para blogger mengenai hal ini. Dan kita merasa perlu menjelaskan hal ini agar berkurang atau tidak ada lagi orang yang keliru akan hal ini.

Kita mencoba membuat hastag di sosmed (sosial media), baik itu facebook, twiter, instagram, google +, #kepribukanriau, sebagai wujud kepedulian kita akan pentingnya meluruskan kekeliruan ini yang sudah 13 tahun memisah dan menjadi propinsi sendiri.

Cerita dari teman - teman, ada yang mengira Tanjung Pinang Adalah Pangkal Pinang. Tanjung Balai Karimun adalah Karimun Jawa. Dan Kepulauan  Riau adalah Riau (pekan baru). Ada lagi kisah yang lebih parah, ketika akan memesan tiket pesawat, tujuan adalah Tanjung Pinang, malah pesan tiket  pesawat ke Pangkal Pinang yang di Bangka Belitung.

Ini akan menjadi kesalah fahaman yang sangat merugikan seseorang, ketika mereka akan berlibur ke satu daerah di Kepri. Bahkan ketika di Kepri pada tahun 2015 menjadi tuan rumah untuk MTQ, seorang pejabat justru menyebut Gubernur Riau.


Bukan hanya itu, seorang KADISPAR kepri mengikuti sebuah seminar di jakarta, karena nama Riau selalu di sebut - sebut dalam seminar. Sementara yang sedang di bicarakan adalah tentang pariwisata di Kepri yang berada diperingkat 3, dengan jumlah wisman terbesar setelah Bali dan Jakarta.

Sejalan dengan para travel blogger batam, yang juga resah akan hal dimana ketika kita akan cek in di google, nama kepri tidak terdeteksi, yang justru keluar adalah Batam, riau Indonesia. Ada lagi, Batam, riau sekupang.jleb....


Kepri

Kepri

Bagaimana ini ? Tugas siapa sesungguhnya yang meluruskan semua. Ini adalah tugas kita bersama untuk saling berbagi informasi dan berbagi pengetahuan. Semoga ada beberapa tulisan yang menjelaskan sedikit tentang Kepri, membuat kekeliruan dan kesalah fahaman akan Kepri dapat di luruskan.

Yang membuat orang salah arah dan tujuan. Buat kamu - kamu yang ingin berkunjung ke Kepri, jangan sampai salah tujuan ya. Batam , Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Bintan dan lingga adalah termasuk wilayah Kepri, tapi bukan di Riau (pekan baru).


You Might Also Like

0 komentar