DIA HANYA UJIAN BAGI KU bagian ke II

22.12

         Pagi sekitar jam 7 dia (AM) menelpon ku, karna malam nya kami tidak saling telpon.pagi itu saya buka pembicaraan tentang statusnya."yang di hapus dech tuh statusnya"kata ku
"Status yang mana..."katanya bertanya.
"Itu, yang ada photo ahok di seret sama anjing"
"Memangnya kenapa"
"Kamu nggak denger berita apa, orang yang  sebarin meme jokowi tuh di tangkap dan di jebloskan ke penjara.yang bicara jelekin prabowo pun sudah di tangkap, dan saya nggak mau ya, gara-gara statusmu itu, kamu juga ikut-ikutan di tangkap.
"Ah nggak, kamu takut sama ahok...."
"Bukan masalah takut sama ahok, kita tuh lagi bicarain pernikahan, saya nggak mau kamu kenapa-kenapa.kamu juga harus fikiran saya donk"
"Nggak"
"Hapus "
"Nggak, kamu tuh kenapa sih...saya tuh laki-laki, apa yang kubuat akan ku tanggung akibatnya"
"Iya , itu kalau kita nggak lagi ngomongin pernikahan, saya masa bodoh.harus ya pernikahan kita gagal hanya karna masalah status mu yang mengundang sara itu.sebentar lagikan kamu tinggal di batam, terus ngapain juga kamu sibuk sama ahok."kataku panjang
"Tapi kan sekarang aku masih di jakarta, dan dari kecil tuh aku dah besar disini, jadi aku juga pantas perjuangin jakarta."
"Sudahlah, berbaik sangka aja sama Allah, ada rencana Allah di balik ini semua, biar jadi tamparan bagi pemimpin yang mengaku muslim, tapi nggak peduli pada sesama.hanya mikir perut sendiri saja.dan ahok memimpin dengan keras, karna agar bawahannya tuh sadar dari rasa lena yang selama ini nggak banyak bekerja."
"Nggak, sudahlah pagi-pagi dah ngaja ribut"
"Terserah kamu, ya sudah, saya sekalian pamit"dengan nada kesal
"Pamit kemana"
"Kan mau pergi ke malaysia pagi ini..."
"Koq nggak izin dulu sama aku"
"Kan saya dah pernah cerita"
"Iya tapi kan bukan minta izin"
"Ya sudah lah, kerja sana"
Dan pembicaraan kami di tutup dengan salam.sekitar jam 10 saya pergi ke johor bharu antar teman yang mau ke singapore melalui johor bharu.2 hari di johor bharu, lalu malam hari saya ke singapore.namun teman ku justru yang nggak bisa lolos masuk singapore, jadi lah saya sendiri yang di singapore.sempat telpon dia melalui LINE, tapi nggak bisa nyambung, nggak tau kenapa.dan saya hanya 3 hari saja di singapore.lalu pulang lagi ke batam.dan sengaja sih nggak kasih kabar dia, tapi sempat online di fb dan dia tanya, lagi dimana sekarang...."udah di batam" jawabku.
Saat itu hari pelantikan ahok jadi gubernur jakarta.sore hari saya iseng dan hanya ingin menggoda dia aja sih, dengan status ku yang mengucapkan selamat atas pelantikan ahok.tapi ternyata, itu awal perjalan cinta kami di uji.dia marah besar dan langsung memutuskan hubungan dengan ku.di tambah lagi teman fb ku banya yang mendukung ku dan ada yang justru berdebat dengannya di komentar.saya cuma bilang "no debat ok".dia langsung inbox ke saya dengan menyatakan bahwa dia rela kehilangan ku karna mempertahankan pendapat nya dan pendapat agama yang melarang umat muslim memilih pemimpin non muslim.hah...sudah lah jika memang itu keputusanmu.saya pun menyesalkan semua, andai dia sedikit mau belajar, walau pun benar pendapatnya, tapi ada hal yang kita juga harus berfikir jernih.

          Tiga hari sudah kami saling diam, rasanya rindu melanda ku.coba kirim sms padanya "i miss u"sms pun terkirim, sedikit galau menanti balasannya.
Da pun membalas sms ku"hem....."
"Masih benci apa rindu"sms ku coba menggodanya.
"Saat ini aku nggak punya hak padamu atas keduanya"balasan smsnya.
"Kenapa dan sampai kapan" tanya ku sedikit perasaan takut akan jawabannya yang akan ku terima.
"Selain alasan yang pernah ku ucapkan padamu tidak ada lagi, sampai kapan....sampai aku benar-benar yakin kamu pantas aku cintai karna Allah" sedih banget denger balasnnya itu.tapi saya sudah harus belajar menerima kenyataan semua sudah berakhir.tapi nggak ada salahnya saya perjuangin dan usaha lagi mmbujuknya fikir ku.tapi akan kah ada kesempatan lagi....
Esok pagi setelah kufikirkan, ya saya hargai keputusannya.ambil hp dan ku buat sms untuk di kirim padanya.dan dengan perasaan yang tak menentu "mungkin kamu terlalu suci buat ku, kamu terlalu  baik untuk ku, kamu terlalu mulia dan saya yang nggak pantas mendampingimu.semoga kamu dapatkan yang pantas bersamamu.carilah wanita yang minim ilmu agamanya, agar bisa kamu bimbing dengan ilmu yang kamu punya.carilah wanita yang lebih muda darimu, biar bisa melahirkan anak yang banyak, seperti keinginanmu.siapa pun wanita itu, saya nggak ridho kalau dia lebih baik dari ku.karna janjimu menikah dengan ku bulan depan bukan dengan yang lain. Karna kebencian kamu meninggalkan saya, dan dengan  kebencian itu pula kamu menemukan wanita lain."isi sms ku.
Lalu dia balas sms ku" aku bukan membenci dirimu, tapi membenci cara berfikirmu.kalau sekarang saja kamu berani menentang ku, bagaimana nanti setelah kita menikah.dari pada nanti lebih baik sekarang aku batalkan  pernikahan kita.maafkan aku tak bermaksud menyakitimu" Penjelasnya di sms balasan.
"Siapa yang menentang mu, saya bukan menentangmu, tapi kita hanya beda pendapat.jika setelah menikah, maka kamu adalah imam ku tentu saya patuh padamu.karna ridho suami adalah ridho Allah, itu yang ku tau."

          Fikiran ku kacau, risau, apa yang akan kukatakan pada orang-orang jika saya nggak jadi menikah.malu rasanya dan tak tau harus bagaiman.menangis, hanya itu yang bisa kulakukan.menyesal, mungkin.tapi yang kusesalkan adalah sikapnya yang egois, bukan kah semua masih bisa di bicarakan.mempertahankan  pendapat yang belum tentu benar.kucoba cek status fbnya, tapi nggak aktif lagi fbnya.coba lihat di fb temannya yang sering dia tag, ah dapat, ternyata dia pakai fb yang satu lagi.ya dia punya akun fb 2.yang satu lagi dia tinggalkan karna nggak mau teringat mantan.dan dia buat lagi akun untuk move on.sebenarnya dia mendapat ancaman dari fansboy ahok dan akun dia sempat di blokir.karna dia juga seorang hakker, bisa kembali dia aktifkan.tapi dia biarkan dulu, biar reda dan hilang.tuhkan benar kataku.tapi dasar egois tetap aja nggak mau mengakui kebenaran dari ucapan ku.
Walau di fb barunya saya nggak berteman dengannya, tapi masih bisa baca statusnya karna settingan fbnya publik.ada perasaan dia sedang berburu mangsa baru.dengan sabar kubaca statusnya, berikut komentarnya.bahkan semua daftar pertemanannya.saya ingin tau apa dan siapa aja yang berinteraksi dengannya.sampai pada status yang cukup jadi perdebatan, dan banya yang membully statusnya.namun ada satu nama disana yang komentarnya membela dirinya, hem....mungkin inilah mangsa baru nya fikirku.saya tau dia, yang mudah tersentuh hanya dengan perhatian.saya coba add nama itu di fb, tak lama wanita itu konfirmasi pertemanan ku, dan terkejut, ternyata AM pun add saya.tak langsung saya konfir, tapi inbox dia bertanya, masih mau berteman dengan ku lagi....dia hanya menjawab "hem....."ah sedikit ada angin segar rasanya, dan saya pun tersenyum.beberapa jam kemudian, baru saya konfir.sengaja...heeee.
Saya berusaha perbaiki semuanya dan berusahan mencuri perhatiannya lagi, 2 malam kemudian saya telpon dia, dan kami pun berbicara santai.saya coba menanyaka  perasaannya padaku.apakah masih atau sudah berubah dan berpaling ke yang lain.dia katakan masih, karna sekali saya ya tetap saya nggak berubah, katanya menenangkan ku.sempat menggoda dia "yah siapa tau aja sudah pedekate sama yang lain" sedikit menggodanya.dia bilang "eee nggak lah ya, kalau orang lain yang pedekate sih ada"jawabnya, tapi saya nggak menanggapi kalimatnya, kami bicara hal yang lain.namun dia sempat bilang "apa sih ini ah"dan itu membuatku bertanya "kenapa" tanyaku
"Ini nih anggota baru asik bbm aku terus"katanya.
"Siapa..."tanyaku penasaran
"Adalah ..."katany
Tapi saya tau siapa orang nya.
"Si ara"tanyaku lagi
"Koq kamu tau "dia bertanya heran.
"Kan kamu sebut namanya dia status mu.
"Oh iya yah"
"Cie cieeee ada yang pedekate nih yeee"saya menggoda dia.
Ternyata benar saja firasat ku, ya ARA atau FATTIN AZAHRAH nama wanita yang sempat saya add dan yang membela dia di perdebatan statusnya.ara juga seorang yang bergerak dibidang android, dan AM memasukan dia ke anggota grup yang sedang di bentuknya.
Setiap hari saya menunggu AM tuh kirim sms atau pun menelpon ku, namun tak kunjung ada.ya sudah saya aja yang telpon dia , walau bejuta tanya kenapa dan ada apa dengan dia.sedikit perhitungan sih, kenapa dia nggak pernah mau telpon, maunya tuh saya terus yang telpon, dan herannya dia sering tanya kenapa baru telpon, kemarin kemana nggak telpon.sedikit mengerut kan dahi dengan pertanyaan nya.tapi ah jangan buru sangka menasehati diri sendiri.setiap telpon dia, dia mencerita kan hal tentang ara, yang mana wanita itu datang ke tempat kerjanya dan mereka makan siang bareng, dan mereka sering ketemuan walau bersama anggota grup lainnya.sempat saya bertanya, koq kamu seperti kenal banget ya sama dia, sampai tau semua tentang dia, saya coba bertanya, dan dari cerita dia tentang ara, terasa kalau dia seneng banget  menceritanya.dan pembicaraan kita tuh dah nggak ada tentang pernikahan lagi, kalau di bahas dia alihkan pembicaraan itu.cemburu... oh jelas, karna banya banget perubahan dia.bahkan pernah satu saat, ketika saya telpon dia, dia tuh cuekin saya, dan memutus telpon dengan alasan temannya telpon, ok saya percaya sesaat, tapi dia tuh nggak sms kasih tau kalau sudahan telponnya.saya tunggu telpon atau sms darinya, koq nggak ada kabar lagi, ah ya sudah fb an aja fikirku.dan ternyata, di status ara tuh nulis "meeting dadakan bersama 9 kru  AJ dan one special person.kemudian di tag lokasi, dimana itu lokasi AM bekerja.ya muara baru jakarta selatan. Oh ini ternyata jawabannya.hancur banget perasaan ku malam itu.menangis ya sudah tentu.

          Malam itu karna cemburu saya blokir AM dari fb, dan menghapus no hp nya.saya fikir dari pada dia yang tinggalin saya, lebih baik saya aja.bebrapa hari kemudian saya merasa menyesal, karna dia seperti nggak peduli, nggak bertanya, walau hanya lewat sms.sempat bingung dengan sikapnya.dan saya add lagi dia di fb.meminta maaf pada nya dengan alasan tablet ku eror yang dan kemaren di servis, banyak teman yang terblok di fb dan whatsapp.mencoba beri penjelasan, tapi dia tau saya bohong(wong anak hakker koq di kibulin).dan itu adalah awal pertengkaran panjang di antara kami.sejak itu dia cuek dan nggak mau kasih no hp nya lagi padaku, kucoba bujuk dan rayu, tapi nggak membuat dia luluh, dan nggak mau ngomong.bingung sekali gus kesel banget.tapi yah memang ini salahku, selalu cepat ambil keputusan dan akhirnya kusesali.bukan sekali atau 2 kali, tapi berkali-kali sudah, kesalahan itu kulakukan.dan satu hari di ke galauan hati, saya buat status "dulu kamu pernah bilang, selagi saya sayang sama kamu maka kamu pun akan sayang padaku.dan kamu nggak akan tinggalin aku selama aku nggak tinggalin kamu, sekarang saya masih di sini selalu ada untuk mu"saya tag namanya di status itu.apa yang terjadi....ketika itu setelah buat status , saya pergi kerumah teman karna dah janji.tapi saat sudah tiba dirumah teman, di panggil-panggil nggak keluar.oh mungkin sedang pergi fikirku.saya duduk di motor sambil buka fb lagi, astaghfitllah.....di pemberitahuan ada nama mereka berkomenar di status yang tadi ku buat.berdebar kencang jantung ku, saat ku tau isi dari komentar mereka.ara berkomentar"sesuatu yang sudah hilang akan terasa sayang nya, kemana saja mba saat dia butuh mba, mba hanya datang padanya di saat butuh dia.sekarang saya minta mba ikhlas kan dia buat saya, karna saya juga sangat mencintai dia, walau saya tau dia masih mencintai mba."
Bergetar kencang jantungku tangan ku pun gemetar, tak sanggup saya membalas komennya.gimana coba, kekasih kita yang lagi cinta-cintanya di minta orang.berusaha ku baca komen AM yang menyebut nama ara, dan menyebut namaku agar menghapus status itu.untuk sesaat saya terdiam, dengan fikiran yang kacau dan balau, dan berusaha  berfikir, kata-kata apa yang akan ku balas di komen.saya pun hanya bisa berkata"ooh ternyata kalian sudah jadian, sampai sudah curhat segala.kenapa kamu nggak jujur AM, kalau kamu jujur saya akan lepaskan kamu untuk dia, bukan dengan diam, lalu tiba-tiba berita seperti ini yang ku dapat, mengapa zholim padak.".dia hany meminta saya tuh menghapus status itu.aaaaah mungkin karna lagi di rumah teman, jadi nggak bisa nangis.dan saya pun sedikit cerita masalah ku pada teman.dengan santai dia bilang"sudah samperin aja sono ke jakrata, masalah tuh harus selesai dengan bertemu biar puas. Kalau hanya lewat telpon sama fb an mah nggak guna." Bagaiman mungkin saya bersaing dengan wanita itu.dia cantik, muda, dan modis, sementara saya...? Sudahlah gemuk, tua, jelek lagi astaghfirllah.

          Hari itu hari terkacau yang belum pernah kurasa, hari dimana saya harus perjuangkan cinta diujung tanduk.AM memintaku menghapus status itu, tapi kukatakan "balas inbox ku".karna setiap saya kirim pesan ke inbox difbnya nggak pernah di balas, jangan kan membalas di lihat saja tidak.dan saat itu dia kirim pesan keinbox ku, lalu status itu pun ku hapus."siapa yang jadian, ini yang aku nggak suka dari mu, suka menuduh tanpa bukti(apa semua itu bukan bukti, fikir ku.dasar egois)dia memang cinta pada ku, tapi aku masih cinta sama kamu.ya sudah, saya nggak pilih dia atau pun kamu.saya masih punya keluarga yang sayang sama saya.kalian berdua tuh sama" ya Allah mengapa semua ini terjadi.disaat seperti ini saya sangat bersyukur punya teman yang mengerti.dan malamitu saya berkumpul dengan teman-teman pergi ke sana sini, tapi kadang saya kefikiran lalu diam melamun.karna galau dengan masalah yang nggak bisa di bilang ringan.kalau sudah begitu, teman ku selalu berkata "hemmm mba"dan saya pun terkejut, dari lamunan.sesekali mencoba menikmati suasana yang juga ada live musikdi cafe itu.jam 12 malam baru kita bubaran.sepanjang jalan saya berfikir apa yang akan kulakukan dan saya pun pasrah, jika memang harus berakhir.ya melepasnya adalah jalan terbaik karna saya sadar saya tidak secantik wanita itu.sesampai di rumah langsung charger tablet dan kemudian saya berusaha merangkai kata tentang sebuah rasa yang ikhlas.ya saya ikhlaskan semuanya.dengan cucuran air mata yang begitu derasnya, dan tiada berhenti saya menghapusnya.diantara sisa kekuatan ku mengetik kata demi kata.
"Mungkin dengan melepaskan mu adalah jalan terbaik, Hari ini saya belajar banyak hal, belajar merelakan apa yang kusayang.dan mengikhlaskannya.mungkin hadir ku adalah sebagai wujud rahmat Allah, tanda kasih sayang NYA padamu.disaat hati mu terluka karna dia meninggalkan mu menikah dengan yang lain.Allah membimbing mu tuk memilih ku, untuk mengisi kekosongan hati mu dan menyembuhkannya.sekarang setelah hati telah sembuh dari luka itu, Allah hadirkan lagi wanita lain yang lebih baik dariku, dan yang lebih pantas untuk mu.selesai sudah tugas ku.tapi ingat, saya sudah perjuangkan semuanya hanya karna menuntut janjimu menikahiku, karna saya malu jika gagal menikah, kamu tau kan gimana rasanya, saya sudah cerita sama keluarga dan teman tentang pernikahan kita.tapi harus berakhir dengan  cara begini.kalian pasti bisa bahagia, tapi ingat, kebahagiaan yang kalian bina di atas kezholiman yang kalian tanam.dan setelah membaca pesan ini blokir fb ku agar saya bisa cepat melupakan mu"pesan yang kukirim ke inbox di fb nya.

          Semalaman saya nggak tidur hingga waktu subuh selesai. Padahal mataku sudah berat dan sakit.hanya bisa tertidur sebentar, karna siang itu teman-teman mau pergi ke pulau sambu, berlibur bersama.dari pada sendiri dalam duka yang dalam, lebih baik ikutan.karna selalu ada kecerian dan canda tawa bersama mereka.ya tak harus menyiksa diri walau fikiran kacau dan sedih mendalam, tetap harus menghibur diri dan pandai-pandai mencari cara untuk bahagia.walau itu palsu karna hati yang sedang galau tak mudah dalam sesaat untuk pulih.

          Bersambung......

You Might Also Like

0 komentar