Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri

23.49

Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri

10 Kuliner Melayu

10 Icon Kuliner Melayu Kepri disahkan di Harris Hotel Batam pada sabtu 23 juni 2018. Diantara ragam menu masakan Melayu Kepri sesungguhnya ada sekitar 100 menu, namun 10 menu kuliner melayu ini dulu yang diangkat dan diumukan. Meski dirasa lambat, namun ini langkah baik dari pada tidak sama sekali. Kepri memiliki lautan yang lebih luas dari daratan, ini membuat masakan sea food lebih banyak olahannya, terutama sekali ikan.

apa saja 10 Icon Kuliner Melayu Kepri?
  1. Otak-otak
  2. Luti Gendang
  3. Lakse
  4. Sotong Masak Hitam
  5. Nasi Dagang Komplit
  6. Mie Lendir
  7. Roti Kirai/ Jala
  8. Gulai Siput
  9. Epok-epok
  10. Ikan Asam Pedas 


10 Kuliner Melayu
Otak-otak dan Luti Gendang

10 kuliner Melayu
Lake dan Sotong masak hitam

10 Kuliner Melayu
Nasi Dagang Komplet dan Mie Lendir

10 Kuliner Melayu
Roti Kursi/Jala dan Siput masak gulai

10 Kuliner Melayu
Epok-epok

Adalah ICA (Indonesian Chef Association) Batam yang menggagas Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri ini. Sesuai dengan 2 misi utama dari ICA, pertama ingin mengangkat dan melestarikan masakan nusantara. Dua, agar sdm ICA tidak kalah saing dengan sdm luar, baik untuk di Hotel, Restoran atau pun di kapal-kapal pesiar. dan banyak sudah pelatihan yang mereka lakukan untuk hal ini. Demikian penjelasan Chef Juna yang juga hadir sebagai ambasador dari ICA. 

Dalam Rakernas tahun 2018 lalu ICA mengangkat tema masakan nusantara agar lebih dikenal dan masuk ke daftar menu masakan di Hotel dari sekian persen menu yang ada. Dan ICA Kepri adalah yang pertama melaksanakan hal yang sangat positif ini. Menurut Chef Juna lagi, 10 Icon Kuliner Melayu Kepri sangat beragam dan satu dengan lainnya berbeda-beda. Harapan kedepannya adalah bagaimana menu kuliner melayu masuk dalam daftar menu di hotel-hotel. Mengingat anggota ICA juga banyak yang bekerja di Hotel-hotel dan Restoran.

Chef Juna Ambasador ICA
Chef Juna menyampaikan sambutan


Kuliner juga menjadi bagian dari Pariwisata yang sejalan dengan program pemerintah. Wisata Kuliner menjadi bagian cukup penting dari rangkaian perjalan liburan ke satu tempat. Oleh-oleh menjadi buah tangan yang akan di bawah ketika kembali berlibur atau bepergian. Nah 10 kuliner melayu di atas wajib dicoba bila datang ke Kepri khususnya Batam.

Turut Hadir juga sebagai nara sumber,

Pak Febrialin  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

Pak Raja kholidin Dinas Pariwisata Tanjungpinang .
Ibu Marliana dari Wali Kota Batam.

Perwakilan dari HPI Kepri

Perwakilan dari ICA Kepri

Chef Juna dari ICA Pusat.

Dalam sambutannya pak Febrialin mengatakan bahwa kedepannya, bukan hanya kuliner Melayu yang diangkat, budaya Melayu juga turut dilestarikan di Hotel-hotel. Menurut pak Raja Kholidin, banyak menyusuri Pulau-pulau di Kepri dan menemukan makanan khas yang juga dapat diangkat serta diperkenalkan. 10 Kuliner yang disahkan masihlah sedikit diantara banyak menu yang ada. Dari HPI sendiri menyampaikan dukungan apa yang dilakukan ICA Kepri. Lalu CHef Juna juga menyatakan bangga pada ICA Kepri karna sudah memulai mewujudkan salah satu misi ICA itu, dan meminta untuk melibatkan ICA dalam acara festival budaya dan kuliner.


Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri
Nara sumber dari Pemko

Tak hanya ICA saja yang terlibat dalam acara tersebut, SMT Scool Batam juga merayakan ulang tahunnya yang pertama. Beberapa media hadir meliput Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri. penting diinformasikan kuliner melayu ini agar para wisatawan dan wisman tau, yang kedepannya akan masuk dalam daftar menu masakan hotel. Tak lupa juga Chef Juna melakukan demo memasak Ikan Asam Pedas. Juga menjawab beberapa pertanyaan dari audiens serta tips-tips.
Tak lupa Chef Juna diserbu para fans yang tak sabar photo bareng.

Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri
Chef Juna demo memasak dan menjawab pertanyaan


You Might Also Like

0 komentar