Aku Menjadi Saksi Acara Besar Dalam Sejarah, Batam Menari 2018

11:13 AM

Aku Menjadi Saksi Acara Besar Dalam Sejarah, Batam Menari 2018




Batam Menari 2018

Merencanakan acara besar, jauh-jauh hari sudah dikemas seapik mungkin. Sebaik mungkin dan dengan keyakinan serta semangat yang kuat. Bp Batam mewujudkannya rencana itu di Tanggal 8 april 2018. Aku pun menjadi saksi acara besar dalam sejarah Batam, BATAM MENARI 2018.


Batam Menari 2018

Lautan manusia kulalui sepanjang jalan menuju ke depan panggung. Ya rencana awal hanya untuk memecahkan rekor MURI Indonesia, dengan 16.000 orang penari. Apa yang terjadi di luar rencana, antusias warga membludak jauh melebihi target. Yaitu 22.000 ribu orang penari yang akhirnya terdata pada malam puncak Batam Menari 2018.


Batam Menari 2018

Takjub dan bangga, itulah yang terjadi pada siapa pun yang hadir pada malam itu. Ya! Menjadi bagian dari acara tersebut rasa haru pun ikut menjadi saksi dalam ingatan yang tak akan terlupakan.

Rekor Muri Batam Menari 2018

Batam Menari 2018

Batam Menari 2018

Tiba di depan panggung, sudah banyak pers dan photografer serta media siap dengan bidikan kamera, Handphone bahkan drone pun beraksi. Semua ingin ikut bagian walau bukan yang termasuk dari 22.000 orang penari pemecah rekor MURI.

MC Ivan Gunawan
Duo MC keren Batam Menari 2018. Photo by Ika Pertiwi

Acara yang besar dalam sejarah, Batam Menari 2018. Di pandu 2 Mc, yang 1 dari Ibu kota dan 1 dari Batam, Ivan Gunawan dan Cristi Sandono yang sangat cantik. Juga dihadiri oleh para petinggi pemerintahan, bahkan Deputy Budang Pemasaran Tingkat 1 KeMenPar juga ikut menjadi saksi dalam sejarah, Batam Menari 2018. Juga dengan panggung yang megah dengan persiapan yang mantap.

Rekor MURI Batam Menari 2018
Peserta Tari yang sudah bersiap sejak sore

Batam Menari 2018

Para pengaman yang terlibat mengatur penjagaan di depan panggung, betapa sibuk dan siaga. Agar semua berjalan dengan baik dan tertip. Para penari sebanyak 22.000 sudah siap berbaris di posisi masing-masing. Pengaturan sejak jam 4 sore untuk acara yang dimulai jam 10 malam. Terbayang nggak betapa semangat dan bosan menjadi satu yang tak dapat terlepas dari rasa dan mereka tetap semangat.

Rekor MURI Batam Menari 2018


Aku menjadi saksi acara besar dalam sejarah, Batam Menari 2018. Dimulai dengan tari persembahan yang lazim dilakukan di Kepri. Sebagai tari penyambutan yang wajib ada di setiap acara yang digelar. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia raya yang panjang hingga 3 putaran. Lagu Indonesia Raya yang asli dari awal terciptanya lagu kebangsaan Indonesia.
Ketua Bp Batam pak Lukita Dinarsyah Tuwo

KadisPar Kepri Pak Boeralimar

Dilanjutkan kata sambutan dari Bp Batam Pak Lukita Dinarsyah Tuwo. Sambutan dari Mentri Pemberdayaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Pak Asman Abnur yang juga asli orang Batam. Sambutan dari Gubernur yang diwakili oleh Pak Boeralimar, selaku Kepala Dinas Pariwisata Kepri. Turut hadir dan ikut menyaksikan acara Besar di Batam ini adalah Pak I Gde Pitana Deputi Pengembangan Pemasaran 1.



Penari dari Kinarya GSP anak didik Guruh Sukarno Putra

Sebagai pemanasan acara diawali oleh tarian Budaya dari anak didik Guruh Sukarno Putra, sebanyak 110 penari bergantian secara berkelompok. Membuka acara Batam Menari 2018 ditandai dengan beberapa petinggi yang diundang ke panggung dengan menabuh Kompang dan diiringi musik oleh Angel perkusi.


Persiapan pembukaan Batam Menari 2018 dengan Kompang bersama

Angel Percution

Para penari bersiap berdiri, dan penari diposisi depan panggung pun bersiap, juga para tamu undangan dari pemerintahan pun bersiap ikut menari. DAN.... acara besar itu pun berlangsung dengan semarak, dari lagu dan teriakan penari yang menjadi yel-yel mengiringi Tarian Rampai yang menggabungkan 4 tarian tradisional dari mayoritas suku penduduk Batam, yakni tarian dari Melayu, Padang, Tionghoa dan Batak.

Rekor MURI Batam Menari


Rekor MURI Batam Menari 2018
Bersiap-siap menunggu pukulan gong 12 kali

Mengenakan pakai dengan masing-masing dres code warna dan gaya. Namun para penari di depan panggung mengenakan aneka ragam adat dan budaya Indonesia. Begitu semarak dan semangatnya mereka, Ivan Gunawan mengintrusikan untuk sekali lagi dilaksanakan. Jadi sebanyak 2 kali Tari Rampai menghentak Bundaran Bp Batam dan menggemparkan Batam.

Tari Rampai
Batam Menari 2018, Tari Rampai

BP Batam, Batam Center
Tari Rampai. Sumber photo by Instagram

Adalah Guruh Sukarno Putra yang seorang Koreografi dipercaya sebagai penata gerak tari yang diberi nama Tari Rampai. Beliau hadir dan memberi sambutannya setelah selesai 22.000 orang menari di Batam Menari 2018. Kebanggaan seorang Guruh yang hanya 5 menit saja merenung kemudian gerakan yang menggabungkan 4 tarian tradisional itu pun telah dilaksanakan.

Aku menjadi saksi acara besar dalam sejarah Batam, Batam menari 2018. Yang Rekor itu pun terpecah sudah, setelah disaksikan dan terlaksana dengan baik. Tiga kategori yang mendapat MURI malam itu. Rekor Muri Batam Menari, Penari Terbanyak, Tari Rampai Terbanyak, dan .... Luar Biasa. Pesta Kembang api pun turut menghiasi langit, setelah acara yang menjadi sejarah Batam itu telah terlaksana. Ada sekitar 200 lebih UKM yang membuka stand bazar.

Kehadiran group Band Wali sebagai penutup acara malam itu, menambah semarak malam yang menjadi catatan sejarah Batam di 2018. Lagu-lagu hits Band Wali yang sudah sangat dikenal masyarakat luas dan lapisan umur itu, melengkapi rangkaian acara setelah kemarin malam Zaskia Gotik menggoyang Batam.


Wali Band
Wali Band menutup rangkaian acara Batam Menari 2018. Sumber photo by Raja Jerri Kurniawan

Aku menjadi saksi acara besar dalam sejarah di Batam, meski bukan sebagai penari yang memecah Rekor MURI, tapi sebagai peliput rangkain acara dan menjadi mata serta mengabarkan pada dunia. Ikut menikmati dan terharu.

Genpi Batam
Genpi Batam selesai meliput, santai sambil menikmatu alunan lagu-lagu Wali Band. Photo by Yose Alang

Acara besar dalam sejarah, Batam Menari 2018 membuktikan pada dunia bahwa, Batam aman dengan ragam budaya dan sukunya. serta Batam itu Asik, Asik orangnya, Asik tempatnya dan Asik acaranya, Batam Menari 2018.

You Might Also Like

1 komentar