Tempat Wisata di Batam Yang Wajib Kamu Datangi

01.43

Tempat Wisata di Batam Yang Wajib Kamu Datangi



Jembatan 1 Barelang Batam

Batam adalah kota yang berbatasan langsung dengan negara Singapore dan Johor Bahru Malaysia. Hanya sekitar 1 jam ke Singapore, dan 2 jam menuju Johor Bahru Malaysia by ferry. Selain itu Batam dikenal juga pusat industri elektronik yang dirancang oleh Bapak BJ Habibie, ketika Beliau menjabat sebagai Kepala Otorita Batam di sekitaran tahun 90an.

Batam juga sangat dikenal sebagai kota belanja murah, dimana barang-barang KW bisa didapat dengan harga murah. Selain Handphone, parfum dan tas yang cukup terkenal. Sekarang Batam sedang berbenah untuk menjadi  Kota Wisata yang harus ada didaftar travelmu.

Tempat-tempat Wisata Yang Ada di Batam.

1. Jembatan 1 Barelang atau Jembatan Tengku Fishabilillah.

Jembatan ini adalah ikon Kota Batam, belum sah ke Batam apa bila belum datang ketempat ini. Selain indah, lokasinya sekarang juga sudah disediakan tempat untuk bisa berphoto ria di sisi kiri jalan. Sekarang, di sana juga ada Tukang photo yang akan menawarkan jasanya untuk photo "langsung jadi". Dengan ukuran yang besar bisa ditebus hanya rp 20.000 saja.

Barelang Batam
Jembatan 1 Barelang Atau Jembatan Tengku Fishabilillah

Setiap hari tempat ini akan ramai dikunjungi warga Batam atau pun wisatawan dalam dan luar negeri. Karena lokasinya agak jauh dan banyak tempat yang bisa kamu singgahi di sekitaran Barelang, ada baiknya sewa motor/mobil untuk menjelajahi wilayah ini. Untuk angkutan umum ada, namun cukup sulit menunggunya karena tidak bisa dipastikan kedatangannya. Disekitaran Jembatan itu terdapat banyak pedagang yang berjualan, yang paling dominan adalah jagung bakar, udang goreng yang ditusuk bagaikan sate.

Lokasi Jembatan 1 Barelang atau Jembatan Tengku Fishabilillah, berada di Jalan Trans Barelang, arah ke Batuaji Tembesi.

2.  Museum X Camp Vietnam

Mungkin bagi penduduk Batam Museum X Camp Vietnam biasa saja terdengar, tapi lain cerita apa bila orang Vietnam yang datang ke Batam. Tempat ini bagaikan napak tilas sejarah nenek moyang mereka ketika perang saudara  pada tahun 19.. PBB dan Pemerintah Indonesia menyediakan Camp Bagi korban perang yang mengungsi dan menyebar di Kepulauan Riau kala itu.

Ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi, karena di Camp itu lengkap dengan tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan juga penjara. Perahu yang menjadi alat mereka ketika mencari tempat mengungsi, hanya simbol, ada di sana. Sebelum memasuki museum di simpang tiga ada sebuah perahu Biru sebagai simbol ketika mereka berlayar. Barak -barak yang menjadi tempat tinggal mereka sebagian dijadikan tempat museum photo-photo dan sisa-sisa peninggalan.

Batam
Perahu Simbol alat transportasi para pengungsi Vietnam


Tempat ini juga menjadi riset sejarah bagi pelajar diberbagai daerah di Indonesia, seperti halnya waktu saya datang bersama rombongan KOpDarNas EL yang datang dari beberapa daerah di Indonesia, saya bertemu dengan pelajar yang sedang magang dari Bandung. Berlokasi di Pulau Galang atau tepatnya di Jembatan 5 Barelang.

Tempat ini wajib kamu kunjungi karena sejarah itu masih terpelihara dan dijaga oleh pemerintah Kota Batam. Untuk masuk ke X camp Vietman ini per orang hanya dikenakan biaya rp 5000, motor dan mobil atau bus lain.

3. Pantai Vio-vio

Sebenarnya pantai di Batam itu banyak, apalagi di wilayah Barelang. Batam adalah Pulau yang kecil dan dikelilingi laut, tentu sangat mudah menemukan pantai. Namun yang sekarang sedang hapening adalah pantai Vio-vio. Selain bersih juga terdapat gazebo untuk tempat bersantai menikmati laut dan angin sepoi-sepoi. Untuk masuk ada tiket sekitar rp 10.000 per orang lain parkir motor, mobil atau bus.

Pantai Vio-vio Batam
ikon baru di pantai Vio-vio, photo by IG


Masih sekitaran Barelang Batam juga ada Pantai Mirota yang indah. Letaknya tak jauh dari X Camp Vietnam, berada di sebelah kanan jalan menuju X Camp  Vietnam. Masuk sekitar 1 km lebih dan bisa parkir kendaraan di atas. Dari atas saja sudah bisa melihat keindahan lautnya apa lagi berjalan menurun mendekati pantainya. Disini terdapat kantin dan juga aula yang bisa digunakan untuk acara, bisa juga sewa sound sistem dll.

Nama-nama pantai yang ada di Barelang

1. Pantai Alam Sehat jembatan 3 Setokok
2. Pantai Setokok jembatan 3
3. Pantai Zore jembatan 4
4. Pantai Airnanti jembatan 4
5. Pantai Kalat Pulau Rempang jembatan 4
6. Pantai Melayu Pulau Rempang jembatan 4
7. Pantai Mirota jembatan 5
8. Pantai Jabu sebelah Mirota jembatan 5
9. Pantai Melur Pulau Galang jembatan 5
10. Pantai Mubut Darat Sembulang Pulau Galang
11. Pantai Semandore Sembulang Pulau Galang
12. Pantai Vio-vio Pulau Galang jembatan 5
13. Pantai Tegar Putri Pulau Galang Baru jembatan 6
14. Pantai Cakang Ujung Barelang jernih airnya
15. Pantai Pulau Abang jembatan 6 ada snorkling dan diving. Yang ini juga wajib kamu sambangi ketika di Batam.

4. Snorkling di Pulau Abang

Pulau Abang adalah destinasi wisata maritim terkemuka di Batam. Sebagai kawasan wisata laut yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Batam. Pulau Abang surga bagi para diving, snorkling, mancing dan hoping island. Hampir setiap titik perairannya ditumbuhi terumbu karang yang indah. Bahkan ada yang bilang, terumbu karang dan biota lautnya tak kalah atau setara dengan Bunaken.

Dari studi baseline mau pun monitoring yang dilakukan, didapatkan data 12 lokasi transek penelitian. Tercatat 3 lokasi memiliki pertumbuhan terumbu karang dengan kategori "sangat baik". 4 lokasi dengan kategori "baik," dan 5 lokasi dengan kategori "sedang."

Sementara hasil pengamatan ikan karang dengan metode "Under Water Fish Visual Census"  ditemukan 149 jenis ikan karang dalam 27 suku. Hal ini Pariwisata dan Budaya Kota Batam, menjadian Pulau Abang destinasi wisata Nasional. Yang artinya keindahan ikan dan terumbu karangnya sama seperti di Bali, Bunaken, Raja Empat dan wisata alam lainnya di Indonesia.

Pulau Abang Batam
Breifing sebelum snorkling

Pulau abang Batam
Asyiknya snorkling di Pulau Abang

Jadi kamu mesti wajib datang ke sini kalau di Batam. Untuk Pulau abang ada agency yang menangani ini, nggak bisa sendirian atau hanya berdua, sebab butuh pompong mesin yang mengantarkan kita kesana. Tak perlu repot cukup bayar antara rp 300k- 500k sudah bisa ikutan paketnya. Atau Baca disini untuk harga dan fasilitas

5. Alun-alun Engku Putri Batam Center

Batam Center menjadi pusat pemerintahan di Batam. Seperti kantor Wali Kota Batam, Kantor Otorita Batam, Masjid Raya, Kantor DPRD Batam, Asramah Haji, Kantor Imigrasi, Kantor Samsat, Pelabuhan Internasional dan juga Bukit Clara atau WTB (Wellcome to Batam)

Alun-alun Engku Putri adalah halaman Kantor Wali Kota Batam, didesign menarik dengan beberapa spot yang ok punya. Tak jauh dari Alun-alun Engku Putri Batam ada Bukit Clara namanya, tempat ini wajib kamu kunjungi karena di sini menjadi tempat yang selalu ramai wisatawan.

Tulisan blok besar di atas bukit "Welcome To Batam" akan menjadi saksi kamu sudah pernah ke Batam. Ada banyak pedagang di sana, jadi kalau lapar dan haus tinggal pesan saja. Sangat mudah mencapai tempat ini, karena ada banyak transportasi umun berlalu lalang.

6. Bengkong City

Di lokasi ini terdapat beberapa tempat menarik untuk dijelajahi seperti, miniatur rumah adat seluruh Indonesia. Ada gokart dengan biaya rp 150.000 per 10 menit. Disini juga tempat sandar kapal Ceng Ho, kapal Ceng Ho ini adalah restoran berjalan yang bisa dipesan untuk sekitar 40 orang. Permainan outbond juga ada serta danau tempat bermain Cablesky, dan juga rumah 3 Dimensi Illusion. Di sini harga permainannya cukup murah untuk kalangan bawah.

Untuk bisa ke tempat ini tidak ada angkutan umum yang masuk ke lokasi. Jadi dapat ditempuh apa bila menyewa kendaraan seperti motor apa bila hanya sendiri atau berdua. Untuk tempat makan dan minum tersedia restoran Saung Sunda Sarwagi dan juga pedagang-pedagang yang menjual makan ringan dan makan berat, tempat ini hanya ramai di sore hari saja. Lokasinya agak sulit ditemui, karena berada dipemukiman warga dan juga jalan berliuk. Jika kamu rajin bertanya maka akan mudah tiba di tempat ini. 

7. Masjid Jabal A'rafah

Selain Jembatan 1 Barelang yang wajib dikunjungi, masjid ini juga wajib kamu singgahi. Sama halnya belum sah ke Batam kalau belum ke Masjid Jabal A'rafah ini. Masjid ini didesign menarik bukan saja untuk ibadah bagi umat Islam, terdapat juga menara setinggi 15 meter hanya dengan rp 5.000 kamu bisa naik keatas. Bisa melihat sekitaran kota Batam dan juga mengintip Singapore melalui teropong yang disediakan.

Batam
Kelihatan nggak ya Singapore dari sini

Batam
Ramai dikunjungi orang mau beribadah


Tempatnya sangat mudah ditemui karena berada di tengah-tengah kota Batam yaitu Nagoya. Bahkan sangat dekat dengan mall yang cukup dikenal di Batam, Nagoya Hill.

8. Nagoya

Buat yang suka belanja barang-barang KW, seperti tas, jam dan parfum, atau Handphone, di Nagoya tempatnya. Ada banyak toko yang bisa kamu datangi  untuk cek harga sebagai perbandingan, apa lagi kalau jago nawar. Untuk berbelanja di sekitaran Nagoya Batam, datang sekitar jam 10 pagi sampai 8 malam.

Tempat menarik di Batam Itu banyak, tapi beberapa tempat di atas adalah wajib kamu datangi kalau berlibur ke Batam. Bahkan di Batam ada 7 lapangan golf bertaraf internasional. Mau berwisata di Batam dan Singapore Serta Malaysia ?? bisa hubungi +6289528267737 untuk paket wisata Batam, Singapura dam Malaysia.

You Might Also Like

0 komentar