Rekor Dunia Untuk Padang Melang

07.42

Rekor Dunia Untuk Padang Melang

Padang Melang Anambas
piagam Rekor Dunia untuk Anambas

Padang Melang adalah pantai indah yang di Anambas. Tepatnya berada di Pulau Letung jemaja Barat. Pasir putih membentang luas dari bibir pantai hingga sekitar 30-an meter. Panjangnya , sejauh mata memandang lekukan daratan yang di hiasi pepohonan, sepanjang itu juga pantainya.

Untuk pertama kalinya Anambas mengadakan acara besar, Festival Padang Melang. Dengan berbagai macam acara yang turut mengisi dan diramaikan oleh beberapa desa di Kabupaten Anambas. Termasuk juga memecahkan rekor MURI dengan pelepasan 5000 Tukik. Bedah buku Exploring Anambas

Padang Melang Anambas

Acara besar ini sesungguhnya ingin juga mendatangkan Bapak Presiden Jokowi. Namun belum menjadi rezeky warga Anambas akan hal itu. Acara tetap berjalan dengan sangat meriah dengan kehadiran pak Gubernur, Dinas pariwisata Kepri, Bupati dan beberapa pejabat lainnya. Demikian juga dengan warga yang tumpah ruah menutupi bibir pantai yang indah dan luas.

Pantai Padang Melang
pantai Padàng Melang

pantai Padang Melang


Acara di buka dengan menampilkan tarian  topeng "Gobang" yang menjadi khas di Anambas. Ya tarian ini adalah budaya Anambas yang tidak akan di temukan kecuali di sana. Tarian gobang ditampilkan pada malam harinya, karena tarian Gobang memiliki cerita mistik dalam sejarahnya. 11-13 mei perhelatan ini di gelar dengan kerja sama para panitia yang terlibat.

Turut juga beberapa perlombaan seperti panjat pinang, dan juga pawai yang di ikuti oleh beberapa desa. Dengan menampilkan beberapa atraksi seperti pencak silat, baju pengantin, rebana dan juga kuda lumping. Ada jugaa Pembagian perlengkapan sekolah berupa tas, buku, pensil, pena penghapus dan penggaris. Pada malam harinya  penduduk di hibur dengan artis dangdut ibukota, yaitu Yuli Kdi 2 dan KiKi Siska.

pembagian Carity
pembagian perlengkapan sekolah oleh
mr Tim pemilik dari Pulau Bawah Anambas

pembagian Charity
pembagian perlengkapan sekolah

Puncak dari Festival Padang Melang adalah pelepasan tukik ke laut sebanyak 4700. Pelepasan tukik sebanyak itu bertujuan untuk mendapatkan Rekor Muri, namun sayang di tolak. Tapi dari pihak Muri menilai bahwa ini adalah "Rekor Dunia". Menurut team Muri, bahwa belum pernah ada pelepasan tukik sebanyak ini di dunia.

penyerahan piagam Rekor Dunia
penyerahan piagam Rekor Dunia


Piagam pun di berikan kepada Bupati setempat, dan di saksikan oleh Gubernur Kepri serta wakil DPRD anambas. Turut juga penyerahan life jaket untuk Padang Melang sekitar 1000 buah. SELAMAT untuk Padang Melang atas Rekor Dunia.

penyarahan life jaket
simbolis penyerahan life jaket 1000 biji

Dari manakah tukik sebanyak 4700 itu di dapat ?

Beberapa pulau di Anambas menjadi tempat untuk penyu bertelur. Dan ada beberapa penangkaran yang sejak 3 bulan sebelumnya mengumpulkan tukik-tukik tersebut. Salah satu nya adalah pak Lahani yang menyumbangkan lebih banyak tukik. Salah satu pulau yang menjadi tempat tukik bertelur adalah Pulau Mangkai.

Festival Padang Melang Anambas
pak Lahani sang pengumpul tukik terbanyàk

Acara ini juga kedatangan jurnalis dan cameramen dari NET tv, yang meliput acara dari mulai pelepasan tukik, sampai selesai. Mereka pun berkunjung ke salah satu tempat pembuatan topeng disana, dan demi memperkenalkan budaya tarian Gobang, maka tarian Gobang di ulang kembali.

Semoga acara ini menjadi awal di kenalnya Anambas, karena pesona keindahannya patut di kenal para pecinta traveling, bahkan artis ibukota juga terpesona oleh keindahan Anambas.

You Might Also Like

0 komentar