Luti Gendang, Bukan Makanan Khas Batam.

07.30

Luti Gendang, Bukan Makanan Khas Batam.



10 Icon Kuliner Melayu Kepri

Luti Gendang, nama yang tersemat berasal dari bahasa Arab, Luti Ghadong atau Roti Goreng. Nama itu pun berubah seiring kesadaran bahasa yang digunakan menjadi bahasa Indonesia yaitu, Luti Gendang. Roti Goreng berbentuk bulat memanjang bak gendang itu pun belakang dikenal masyarakat hingga ke Batam.

Luti Gendang adalah makanan khas dari Anambas, terbuat dari tepung terigu atau adonan donat dengan diberi isian berbahan ikan. Di Anambas banyak sekali menghasilkan ikan, terutama ikan tuna. Selain berserat juga ikan tuna banyak dagingnya. Untuk isian luti gendang pun bervariasi, tergantung  selera si pembuat. Ada yang ditambahkan kelapa dan ikan hingga seperti serundeng ikan tuna. Lalu ada lagi, ikan tuna ditumis bersama bawang merah. Lalu ada yang murni ikan dengan tambahan bumbu-bumbu.

Makan sejenis Luti Gendang ini juga ada di Singapore, tapi bentuknya bulat seperti donat tak berlubang, disebut Pau Goreng. Isiannya biasa ada selai kacang merah dan sambal ikan bilis. Ikan bilis adalah sebutan untuk ikan teri dengan bahasa Melayu. Sambal tumis yang terdiri dari cabe kering yang rebus, lalu dihaluskan. Kemudian ditumis seperti masak sambal. Ikan teri yang sudah digoreng, dihancurkan lalu diaduk dengan sambal tumis yang sudah di dinginkan.

Luti Gendang belakang sangat dikenal luas dan menjadi oleh-oleh dari Batam. Sehingga orang mengenal luti gendang adalah makan khas Batam. Penjelasannya adalah, luti gendang makanan Melayu Kepri yang berasal dari Anambas. Kepri yang terdiri dari ribuan pulau-pulau dengan luas daratan hanya 6% saja, sementara luas lautan itu 94%.

Batam sendiri adalah kota yang masyarakatnya terdiri dari para perantau. Dari seluruh Indonesia, segala suku dan budaya ada di Batam. Sehingga sulit menemukan makan yang khas dari Batam. Untuk mengangkat makanan Melayu Kepri yang juga makanan khas pelosok daerah, maka Luti Gendang diangkat sebagai makanan khas Melayu Kepri, bukan makanan khas dari Batam. Jadi perlu diingat ya, luti gendang adalah Makanan Melayu Kepri dari Anambas. Bukan makanan Melayu Batam.

Kesalahan dan ketidak tauan sebagian orang, menyebabkan salah penyebutan yang membuat masyarakat Anambas marah atas klaim "Luti Gendang Makanan Khas Batam"

Jadi sekarang sudah tau dong ya, jangan membuat masyarakat Anambas marah lagi dengan menyebutkan luti gendang makanan khas Batam. Tapi makanan khas Kepri dari Anambas.

Boleh saja menjadikan luti gendang oleh-oleh dari Batam, sebab Batam juga bagian dari Kepri. Karena mayoritas masyarakat Batam adalah perantauan, ya luti gendang layak jadi oleh-oleh ketika pulang kampung. Ada lagi nih masakan yang terkenal dari Anambas, yaitu Mie Tarempak. Wah seperti apa yah rasa dan bentuknya. Simak di tulisan selanjutnya!!!


You Might Also Like

0 komentar