Dimanakah 3Rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 Dilaksanakan ?

8:31 AM

Dimanakah 3Rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 Dilaksanakan ?


Nongsa Regatta

3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 adalah slogan baru dari Nongsa Regatta di tahun ini. Acara yang menjadi agenda tahunan di Batam, adalah kerja sama dengan Kementrian Pariwisata dan Nongsa Point Marina Resort. Batam menjadi pintu masuk wisman yang berdekatan dengan dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Tak hanya itu, Batam juga memiĺiki 1 dermaga bagi kapal-kapal yacht yang akan memasuki wilayah Indonesia, dan itu berada di Nongsa Point Marina & Resort.

Nongsa Point Marina & Resort
Dermaga kapal yacht di Nongsa Point Marina & Resort

Nongsa Point Marina & Resort
Dermaga kapal Yacht di Nongsa Point Marina & Resort

Dimanakah 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 dilaksanakan ? 

Nongsa Point Marina & Resort adalah tempat dimana 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 26-28 januari 2018 dilaksanakan. Selain memiliki dermaga kapal yacht, perairan Nongsa di pilih karena 9 arah mata angin cukup baik di sana. Baca juga Nongsa Regatta hal ini juga yang membuat Singapura memilih Nongsa sebagai lokasi Nongsa Strait selama 20 tahun lalu.


Nongsa Regatta
Para yacht yang sedang bertarung

Nongsa Regatta adalah even perlombaan internasional kapal layar yang mengandalkan angin sebagai motor penggerak. Olah raga air yang cukup extrim dan menantang ini, membutuhkan kekuatan fisik dan kerja sama team yang baik. Dengan anggota antara 5 sampai 6 orang, keseimbangan kapal mampu berjalan melawan angin dan gelombang air yang bergejolak. Teriakkan pun terdengar tanda koordinasi sesama anggota bekerja sama.

Yacht


Yacht

Menegangkan !! ketika kapal miring hingga hampir terbalik di saat akan memutar arah. Sesaat menarik nafas melihat aksi para pesertanya yang sedang bertarung kejuaraan. Dengan semangat dan sigap mengatur kendali layar.

Ada 9 kapal ikut berlomba yang datang dari beberapa negara. Yaitu Singapura, Australia, Amerika dan juga Brithis. Jika masing-masing kapal beranggota 6 orang maka ada sekitar 54 peserta. Berikut adalah nama-nama kapal yang ikut berlomba di 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta.
1. RAINBOW DREAM
2. INVICTUS
3. BALQIS
4. SMUMAD
5. SHENGLI
6. SMUVE
7. WAKATERE
8. QUARTERDECK
9. SHOON FUNG TOO

Nongsa Regatta juga mengadakan lomba Dinghy Optimist dan laser. Untuk peserta Optimist dengan 2 kategori Boy And Girl dan umur antara 14-16 tahun.
Lalu untuk Laser 4.7 juga dengan 2 kategori Boy And Girl, umur antara 10-13 tahun. Sekitar 30 peserta Dinghy, baik Optimist dan Laser, mereka berasal dari Kepri dan juga dari Malaysia.

30 Dinghy bertebar di lautan dengan layar kecil putih terbawa angin. Mereka bertarung sendiri menaklukan gelombang dan mengandalkan angin. Resiko !! Dinghy dapat terbalik apa bila tak mampu mengendalikan. Luar biasa semangat mereka dalam 3 hari perlombaan yang diikuti.

Dinghy
Dinghy Optimist dan Laser


Malam penutupan sekaligus pengumuman pemenang serta makan malam bersama, Di hadiri oleh para peserta lomba dan juga tamu udangan dari berbagai sektor terkait. Bapak Indroyono Soesilo sebagai Tim Percepatan wisata bahari pariwisata hadir mewakili pak Mentri, menyambut pemenang di atas panggung. Jajaran Kadispar Kepri, Dinas Pariwisata dan Budaya kota Batam. Tak lupa juga jajaran Kemenpar hadir memberikan dukungan atas terselenggaranya acara 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018.


Indroyono Soesilo
Bapak Indroyono mantan Mentri Koordinasi Kemaritiman

Tahun depan harapannya semakin banyak yang datang dari negara-negara lain dan mengikuti perlombaan yacht. Promosi lebih di gencarkan lagi dan jenis perlombaan pun semakin beragam sehingga banyak kategori dan semakin ramai peserta. Dengan semua izin sudah di permudah untuk mengundang para yachter berdatangan memasuki wilayah perairan Indonesia.

Di hari ke 2 perlombaan, bersama media juga hadir Dinas Pariwisata Natuna Bapak Erson Gempa Afriandi. Ikut menyaksikan perlombaan yang berlangsung ke tengah laut. Bersama kapal tua berusia 123 tahun yang bernama "Rona." Sambil menikmati makan beliau berlayar untuk melihat dari dekat seperti apa perlombaan 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018. Kedepannya beliau akan mengadakan hal serupa di Natuna. Sail Natuna diharapakan juga dapat melaksanakan perlombaan yacht, sambil memperkenalkan wisata bahari yang indah di Natuna nun jauh di ujung negeri.

Nongsa Point Marina & Resort
Dispar Natuna Bapam Erson Gempa Afriandi
Penulis Travel Book Kepri Edi Sutrisno
Manager Marina Prakas Fredy


Nongsa Point Marina & Resort
Menikmati makan sambil berlayar

Berikut adalah para pemenang lomba yacht di 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018
1. WAKA TERE
2. SMUVE
3. SMUMAD

Winner
Winner Waka Tere
Photo by Nongsa Point Marina & Resort

Yacht
Yacht Waka Tere

Winner
Second Winner SMUVE

Yacht
Yacht SMUVE


Pemenang SailBoat 3rd Nongsa Regatta
1. SHENGLI
2. BALQIS
3. QUARTERDECK

Juara Dinghy Optimist/ Boy 3rd Nongsa Regatta.
1. Muh Faizudin Bin Moh Fauzi /Terengganu Malaysia
2. Muh Luqman Hakin Bin Mansor / Terengganu Malaysia
3. Muh Afiq Hakim Bin Razali

Juara Optimist / Girl 3rd Nongsa Regatta
1. Dila Adila Safitri / Kepri
2. Sarmila / Kalimatan Timur
3. Putri Farida / Kepri

Juara Dinghy laser 4.7 Boy 3rd Nongsa Regatta
1. Umar Al Farouk /Terengganu Malaysia
2. AsmawimBin Azam / Terengganu Malaysia
3. Ramadhan Tito /Kepri

Juara Dinghy Laser 4.7 Girl 3rd Nongsa Regatta
1. Nur Atikah Binti Muhd Din / Terengganu
2. Nurul Hidayah /Kepri
3. Andini Setyaningrum/Kepri

Congratulation !!!
Sampai jumpa di Nonggsa Regatta tahun depan guys.


You Might Also Like

0 komentar