Batik Gonggong, Batik khas Batam

08.00

Batik Gonggong, Batik khas Batam 



Batik Gonggong, adalah Batik khas Batam. Batik dengan motif Gonggong yang menjadi khas dari Batam, sebab Gonggong adalah biota laut yang khas juga berada di Kepri. Motif-motif biota laut lainnya juga ada, termasuk Jembatan Barelang sebagai ikon dari Kota Batam. Mengapa motif biota laut? Ya, Batam adalah bagian dari wilayah Kepri yang sekitar 94% nya lautan dan hanya 6% daratan. Terdiri dari 2000an pulau-pulau membentang dari Batam hingga Natuna. Dengan kata lain, Kepri adalah negeri bahari.

Batik Gonggong lebih dikenal, sebab motif ini sangat menarik dan disukai. Apa lagi sebagai oleh-oleh dan cindera mata, maka Batik Gonggong dicari dan layak jadi buah tangan apa bila berkunjung ke Batam. 




Ada banyak pengrajin batik di Batam. Mereka juga tergabung dalam komunitas yang saling mendukung. Ada yang sudah dalam bentuk baju dengan design yang modern, ada juga yang masih bahan berupa kain batik panjang. Bahan batik ini pun ada 2 jenis, batik cetak dan batik tulis. Batik tulis lebih mahal dibandingkan bahan batik cetak. Dilihat juga jenis bahan dasar kain yang digunakan.



Bisa juga memesan Batik Gonggong dengan motif dan jenis kain yang diinginkan, serta bisa pilih warna. Pilihan warna dan motif rumit juga beda harga yang ditawarkan pengrajin Batik Gonggong. Kita juga bisa Memesan Pasmina, untuk syal dan jilbab. Jadi bisa pesan sesuai keinginan


Batik Gonggong Batam dalam bentuk baju yang siap digunakan tentu dengan harga yang relatif. Namun untuk Bahan Batik cetak panjang 2 meter Rp 250.000,-
Bahan Batik Tulis panjang 2 meter Rp 350.000,-
Pasmina panjang 170-60 cm Rp 100.000,-

You Might Also Like

1 komentar